Bupati Dosmar Dukung Program Jokowi Wujudkan Humbahas Kota Cerdas

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor menerima tim Kementerian Kominfo dalam program smart city.

Humbahas, Lintangnews.com | Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan desain dan tata kota ibu kota baru bisa menjadi rujukan kota cerdas (smart city).

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor ikut mendukung program tersebut dengan akan mewujudkan daerahnya menjadi kota pintar.

Dukungan itu disampaikan Dosmar saat menerima tim Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dwi Elfrida Simanungkalit (PIC Smart City), Fitrah Rachmat Kautsar (Tenaga Ahli Smart City),  Ilyas (Observer Smart City) dan Richaldo Harianja, Senin (25/10/2021) di ruang kerjanya.

Dikatakan Dosmar, Kabupaten Humbahas mendukung sepenuhnya program Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional Danau Toba.

“Humbahas merupakan salah satu Kabupaten yang didominasi penduduknya sebagai petani. Namun daerah ini memiliki banyak objek wisata yang masih belum dikelola secara maksimal,” paparnya.

Dosmar menuturkan, kehadiran program Smart City sangat relevan dengan pengembangan pariwisata dan pertanian di Humbahas.

“Master Plan Smart City diharapkan terfokus pada pengembangan pertanian dan pariwisata. Dalam bidang pertanian, Smart City akan mendukung Pengembangan Food Estate dan Taman Sains dan Teknologi Herbal & Hortikultura (TSTH2),” paparnya.

Sementara dalam bidang pariwisata difokuskan pengembangan objek wisata Geosite Sipincur dan Istana Sisingamangaraja.

Sementara Dwi Elfrida menjelaskan, Smart City akan dikembangkan di semua sektor dengan leading sektornya Dinas Kominfo.

Menurutnya, smart city merupakan salah satu konsep pengembangan Kota/Kabupaten berdasarkan prinsip teknologi informasi yang dibuat untuk kepentingan bersama secara efeketif dan efisien.

Dalam penerapan konsep smart city, terdapat beberapa unsur yang perlu dikembangkan, salah satunya adalah Smart Government. Tujuan yang harus dicapai antara lain satu data Indonesia.

“Kalau di Humbahas, maka aplikasi servernya dipusatkan dan segala migrasi data berhubungan dengan Dinas Kominfo,” katanya.

Dwi Elfrida menambahkan, diharapkan dukungan dan komitmen Pemkab Humbahas dalam rangka mensukseskan  program Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional Danau Toba. (DS)