Bupati Labuhanbatu Gratiskan 400 Orang Operasi Katarak di Bilah Hilir

Warga mengikuti operasi katarak gratis.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Sebanyak 400 orang warga kurang mampu di pesisir pantai Labuhanbatu mendapat berkah dari Bupati, Andi Suhaimi Dalimunthe.

Kegiatan sosial kemanusiaan ini tak hanya sebatas operasi gratis saja. Namun, 400 orang pasien itu diberikan pelayanan kesehatan yang digratiskan dengan rawat inap di Puskesmas Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Operasi katarak gratis ini dimulai, Kamis-Sabtu (27-29/2/2020) yang berasal dari wilayah pesisir Kecamatan Pangkatan, Bilah Hilir, Panai Hilir, Panai Tengah dan Panai Hulu.

Bupati melalui sambungan telepon seluler menjelaskan, program di bidang kesehatan ini bukan kali ini saja dilaksanakan.

Sebelumnya, puluhan warga tak hanya dari Labuhanbatu, bahkan Labuhanbatu Utara (Labura) dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) juga dioperasi gratis di RSUD Rantau baru-baru ini.

“Program ini akan terus kita lanjutkan. Jadi bagi siapa saja, silahkan datang ke Puskesmas Negeri Lama. Karena kita juga fokus tidak hanya menyelesaikan masalah infrastruktur, pendidikan, perkebunan, perikanan dan kelautan, pertanian, tentunya peningkatan ekonomi kerakyatan. Tetapi juga utama pada bidang kesehatan,” ungkap Andi Suhaimi

Lanjutnya, operasi katarak ini tidak hanya dititik beratkan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkan Labuhanbatu saja. Puskesmas juga dilibatkan, termasuk Pemerintah Kecamatan Pemkec) dan Desa/Kelurahan.,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes), Kamal Ilham menambahkan, pihaknya tidak hanya bekerjasama dengan dokter spesialis mata di Labuhanbatu. Beberapa dokter spesialis mata dari sejumlah Rumah Sakit (RS) swasta dari Kota Medan juga dilibatkan.

“Ini menjadi catatan sejarah Pemkab Labuhanbatu dalam bidang kesehatan untuk melayani warga pesisir pantai yang selama ini terbentur biaya operasi katarak,” sebut Kamal.

Tokoh Pemuda, Herry Ritonga menilai, masyarakat pesisir, khususnya Kecamatan Pangkatan, Bilah Hilir, Panai Hilir, Panai Tengah dan Panai Hulu wajar memberi apresiasi kepada Bupati Andi Suhaimi. Sebab, program dimaksud menyentuh langsung masyarakat.

“Jadi pantas kami sebagai warga pesisir dan Tokoh Pemuda mengucapkan terima kasih pada Bupati. Sebab kehadiran Pemkab Labuhanbatu bagi masyarakat dinilai berguna dan bermanfaat di bawah kepemimpinan Andi Suhaimi untuk hajat hidup orang banyak selanjutnya,” tutup Herry. (Sofyan)