Bupati Samosir Lantik 3 Kepala Desa, Ini Pesannya

Bupati Samosir, Vandiko Gultom saat melantik 3 orang Kepala Desa.

Samosir, Lintangnews.com | Bupati Samosir, Vandiko Gultom melantik 3 orang Kepala Desa (Kades) Pengganti Antar Waktu (PAW).

Yakni, Kades Simanindo Kecamatan Simanindo, Windah Koleta Turnip, Kades Sigaol Marbun Kecamatan Palipi, Doharis Bebestina Malau, Kades Salaon Tonga-tonga Kecamatan Ronggur Nihuta, Polman Malau dilantik di Aula kantor Bupati Samosir

Turut hadir, Wakil Bupati, Martua Sitanggang, Sekretaris Daerah (Sekda), Jabiat Sagala, sejumlah pimpina Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Danramil 03/Pangururan, Kapt Inf Donald Panjaitan.

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat kepada Kades yang terpilih PAW. Menurutnya, jabatan Kades adalah milik seluruh warga masyarakat Desa.

“Karena itu selalu jaga kepercayaan masyarakat Desa dan jalankan amanah dengan baik, serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani,” sebut Vandiko.

Selanjutnya Bupati menegaskan, Kades merupakan salah satu tokoh sentral, sehingga perbuatan, tindakan dan tutur kata senantiasa akan menjadi referensi bagi masyarakat Desa. Kewibawaan Kades akan bergantung kepada kemampuannya menjaga kepercayaan masyarakat.

“Tetaplah menampilkan suri teladan yang baik, serta memberikan pelayanan yang setulus-tulusnya kepada masyarakat. Keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah Desa (Pemdes), pertama dinilai dari kegiatan pemberian pelayanan pada masyarakat. Karena pelayanan pada masyarakat merupakan tugas kewajiban bukan sebagai tempat sumber pendapatan,” tegasnya.

Bupati juga berpesan, agar mengamalkan sumpah dan janji yang diucapkan dan  menjadikan Desa masing-masing sebagai kilometer nol peradaban budaya Batak.

Selanjutnya perubahan pola pikir dan pola tindak untuk mewujudkan program prioritas, memberikan pelayanan yang lebih responsif (lebih cepat), serta berkomitmen menjalankan kepemimpinan yang bersih, inovatif dan tidak monoton.

“Pro aktif menggerakan dan menjalin kebersamaan masyarakat dalam membangun Desa. Kemudian menyusun dan menselaraskan program dan kegiatan pada RPJMDes dan RKPDes dengan RPJMD Kabupaten Samosir,” paparnya.

Vandiko juga meminta agar memanfaatkan dan kelola alokasi dana desa, dana desa  dan sumber-sumber pendapatan asli Desa dengan perencanaan yang tepat sasaran.

“Tunjukan kesiapan sebagai seorang pamong dengan mencintai jabatan yang ditunjukan dengan kerapian dan atribut lengkap sesuai dengan ketentuan. Rencanakan dan laksanakan kegiatan serta pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan utama masyarakat Desa,” paparnya.  (Tua)