Bupati Simalungun Lantik Pengurus PABPDSI Periode 2021-2027

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik pengurus PABPDSI periode 2021-2027.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengukuhkan dan melantik pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Simalungun periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (18/8/2021).

Dalam sambutannya Bupati n mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menyebutkan, Pemerintahan Desa (Pemdes) adalah Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sementara di Simalungun disebut dengan Maujana Nagori.

“Saya menyambut baik terbentuknya kepengurusan PABPDSI di Simalungun. Untuk itu saya berharap kedepan, sesuai dengan fungsi Maujana yakni melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemerintahan Nagori (Pemnag). Kiranya penggunaan dana di Nagori, baik alokasi dana desa atau alokasi dana nagori tepat sasaran demi mewujudkan pembangunan Nagori yang lebih baik,” kata Radiapoh.

Dikatakan, sebagai lembaga formal, Maujana Nagori mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabelitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga. Untuk itu diharapakan setiap anggota Maujana Nagori dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan inovasinya.

“Jalinlah komunikasi yang baik dengan Pangulu dan Perangkat Nagori sehingga tidak terjadi kesenjangan hubungan kerja di Nagori. Keduanya harus sejalan dan bersinergi dalam melaksanakan roda pemerintahan di Nagori,” ujarnya.

Bupati juga mengharapkan kepada Maujana Nagori untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan pendataan peta bidang tanah di Nagori masing-masing agar masyarakat memperoleh sertifikat tanah.  Hal itu juga untuk menghindari terjadinya permasalahan tanah di kemudian hari.

Tampak hadir di acara itu, Ketua DPRD diwakili Jhon Redikalmen Saragih, Dandim 0207/SML diwakili Kasdim, Mayor Inf Fransisco Sidauruk, Kapolres diwakili Wakapolres, Kompol Efianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN), Sarimuda Purba, Kepala Dinas Kominfo, Wasin Sinaga, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol, Ronald Anderson Silalahi, Ketua Umum PABPDSI, Fery Radiansyah dan undangan terbatas, serta menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Fery Radiansyah dalam sambutannya antara lain mengharapkan, dengan dilantiknya pengurus PABPDSI Simalungun dapat memberikan peningkatan kesejahteraan Maujana di daerah itu.

“Mari kita dorong Pemdes untuk membangun Desa agar lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Kepengurusan PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 terdiri dari Ketua, Buyung Sirawan Tanjung dibantu 9 Wakil Ketua, Sekretaris, Sahrul Efendi SE dibantu 4 Wakil Sekretaris, Bendahara, Syahnan Rawi dibantu 2 Wakil Bendahara.

Kepengurusan dilengkapi dengan biro organisasi dan kelembagaan, biro pemberdayaan perempuan, biro tata negara, kelembagaan dan regulasi desa, biro kerjasama lembaga, biro aspirasi rakyat desa dan kearifan lokal, biro inovasi dan desa digital, biro perencanaan pembangunan desa dan biro kajian desa daerah tertinggal.

Buyung Irawan mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelantikan PABPDSI, sebagai wadah untuk bersatu, berjuang dan bermartabat bagi seluruh anggota Maujana Nagori.

Menurut Buyung, kehadiran PABPDSI di Simalungun berusaha menciptakan kerja sama yang harmonis antara Pangulu dan Maujana Nagori, serta mempermudah komunikasi, koordinasi di semua tingkatan.

“Kami siap mendukung program Pemkab Simalungun dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih sejahtera,” tandasnya.

Sebelumnya, dilaksanakan deklarasi pengurus PABPDSI yang dipimpin Buyung Irawan. Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan pataka kepada Ketua PABPDSI oleh Bupati Simalungun.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian piagan penghargaan pada Bupati Simalungun dan Ketua DPRD sebagai bapak Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Simalungun oleh Ketua Umum PABPDSI dan Ketua PABPDSI Simalungun. (Rel/Zai)