Bupati Simalungun Tinjau Pelayanan Administrasi Kependudukan, Kesehatan, KB dan Buka Pasar Murah

41
Bupati Simalungun, JR Saragih saat melakukan kunjungan ke SD Negeri di Nagori Siporkas. 

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati JR Saragih meninjau pelayanan administrasi kependudukan, kesehatan, KB serta Pasar Murah yang digelar oleh Pemkab Simalungun di komplek Gereja GKPS Mariah Raya, Nagori Siporkas Kecamatan Raya, Selasa (29/1/2019).

Dalam peninjauan itu, Bupati didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun yang baru saja menjabat yakni Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Muspika Kecamatan Raya serta para Pangulu.

Untuk menuju lokasi pelayanan itu, Bupati bersama rombongan harus berjalan kaki sekitar 2 Km. Hal ini dilakukan sekaligus untuk meninjau akses jalan ke Nagori Siporkas yang longsor, di mana akibat longsor mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari.

Di lokasi longsor, Bupati selanjutnya memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera melakukan penanggulangan sekaligus perbaikan jalan yang longsor, sehingga aktifitas masyarakat kembali normal. Karena jalan itu merupakan akses masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Rombongan juga menyempatkan meninjau SD Negeri yang ada di Nagori tersebut. Kedatangan Bupati bersama rombongan disambut masyarakat yang memadati lokasi pelayanan.

Selanjutnya Bupati dan rombongan meninjau pelayanan kesehatan yang dipusatkan di Gereja GKPS Mariah Raya.

Di lokasi pelayanan ini, Bupati mendapati seorang warga yang menderita penyakit asam urat (artritis gout). Warga tersebut bernama Jan Hotlen Purba (51) beralamat di Nagori Siporkas.

Melihat kondisi penyakitnya, JR Saragih memerintah Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk merujuknya ke RSUD Tuan Rondahaim agar mendapat perawatan yang lebih intensif lagi dari pihak medis.

Layanan pasar murah yang dibuka Pemkab Simalungun melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mendapat sambutan antusian dari masyarakat. Ada sekitar 700 paket sembako yang berisi 1 liter minyak dan 1 kg gula dengan harga Rp 12.000 untuk disalurkan kepada masyarakat.

Pangulu Nagori Siporkas, Hendra Saragih menyampaikan, dari jumlah 3.600 warga, sekitar 95 persen telah melakukan perekaman administrasi kependudukan.

“Pelayanan hari ini warga Nagori Sihaporas yang dilayani kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Pemkab Simalungun adalah yang mengurus akte lahir dan akte nikah,”ujarnya.

Hendra juga mengapresiasi kepedulian Bupati yang selalu memberikan perhatian dan pelayanan kepada masyarakat ke Nagori- nagori yang ada di Simalungun.

Menurutnya, hal tersebut merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menyampaikan permohonan mereka.

“Dengan pertemuan seperti ini, kami bisa menyampaikan keluh kesah kami kepada pimpinan  daerah yang merupakan orangtua kami,” ujarnya. (zai)