Dinsos Siantar Berharap Penerima KIS Bukan Orang yang Mengaku Miskin

13
Kartu Indonesia Sehat.

Siantar, Lintangnews.com | Pada tahun 2018, masyarakat Kota Siantar penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebanyak 10 ribu orang. Sedangkan untuk tahun 2019 hanya ada 500 orang yang menjadi penerima KIS.

“Jadi, jika ditotal keseluruhan penerima KIS di Siantar sebanyak 10.500 orang,” sebut Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Pemko Siantar, Patresia R Marbun ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (29/1/2019).

Dijelaskan Patresia, saat ini sudah mencapai ribuan orang masyarakat mendaftar ke Dinsos untuk mendapatkan KIS. Sementara, target penerima hanya sebanyak 500 orang.

“Ini akan benar-benar diseleksi, siapa yang layak menerima KIS di Siantar untuk tahun 2019. Mereka lah yang akan kita berikan,” ungkapnya.

Patresia juga berharap, penerima KIS di Siantar adalah orang-orang yang benar benar tidak mampu. “Janganlah kita mengaku miskin, namun pada faktanya berbeda,” harapnya.

Diterangkannya, Dinsos menargetkan sebanyak 500 orang penerima KIS yang ditampung di APBD Siantar tahun 2019. Penerima KIS tahun 2019 di antaranya, 350 orang warga yang masuk kategori miskin dan 150 diberikan kepada bayi yang mengalami sakit pada waktu baru lahir.

“Mana tau ada bayi yang baru lahir mengalami sakit, itu bisa dicover langsung oleh KIS. Karena, ibu dari bayi itu sudah menggunakan Jaminan Persalinan (Jampersal),” tutup Patresia. (elisbet)