Bupati Simalungun Tutup Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City  

Foto bersama usai pelaksanaan bimtek Masterplan Smart City.

Simalungun, Lintangnews.com | Kegiatan bimbingan tekhnis (bimtek) penyusunan masterplan Smart City yang berlangsung dalam empat tahapan dilaksanakan Pemkab Simalungun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kegiatan itu secara resmi telah ditutup Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum, Wasin Sinaga, bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Jumat (19/11/2021).

Penutupan kegiatan bimtek ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama Tim Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Menuju Simalungun Smart City oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat.

Secara simbolis penandatanganan dilakukan Wasin Sinaga yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo sebagai Ketua Tim Pelaksana Smart City, Plt Kaban Kesbangpol, Ronald Anderson Silalahi, Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Jhonson Silalahi, Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Wahyuni Damanik dan Plt Kadis Perpustakaan, Agustina Simanjorang.

Pelaksanaan bimtek penyusunan masterplan Smart City di Simalungun tahap pertama dilaksanakan 6-7 September 2021, tahap kedua 23-24 September 2021, tahap tiga 21-22 Oktober 2021 dan tahap empat 18-19 November 2021, dengan peserta dari OPD di lingkungan Pemkab Simalungun dan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wasin Sinaga mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan bimtek yang telah memasuki tahap keempat atau terakhir.

Menurut Bupati, kegiatan bimtek dilaksanakan sesuai dengan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani antara Pemkab Simalungun dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2021.

“Saya harapkan, setiap program pemerintah harus bermanfaat langsung kepada masyarakat karena Smart City bukan lagi pilihan tetapi wajib dijalankan. Ini karena pembangunan setiap pemerintah daerah sudah harus menggunakan konsep Smart City,” kata Bupati.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan bimtek ini, kiranya semua OPD dan Kecamatan dan Pemkab Simalungun dapat bersinergi dalam membangun untuk mewujudkan Simalungun Smart City.

Sebelumnya Fazrul Rozi menyampaikan, terima kasih atas bantuan Pemkab Simalungun melalui Dinas Kominfo yang telah mengakomodir pelaksanaan bimtek, mulai dari mengundang peserta dari setiap OPD, menyediakan tempat acara dan akomodasi peserta dan narasumber selama 4 kali pelaksanaan bimtek.

“Saya berharap Smart City ini sukses di Kabupaten Simalungun,” katanya. (Rel/Zai)