Denai Lama Raih 100 Besar Desa Wisata Nusantara 2021

Penyerahan penghargaan pada Desa Denai Lama.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Pemkab Deli Serdang menyerahkan sertifikat dan plakat Anugerah Desa Wisata 2021 pada Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kamis (18/11/2021).

Dalam kegiatan itu dibuka SekretarisDisporabudpar Suriadi, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kepariwisataan Sarana dan Prasarana, serta Kabid Pemasaran dan Promosi dan Kepala Bidang Kepemudaan.

Anugerah Desa Wisata ini merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mewujudkan dan meningkatkan daya saing kepariwisataan Indonesia.

Kabupaten Deli Serdang masih dalam pembenahan dan peningkatan dalam dunia pariwisata berbasis desa wisata. Namun dalam 3 tahun belakangan ini Desa Wisata Kampoeng Lama Desa Denai Lama sudah mampu menjawab program tersebut, sehingga mampu masuk dalam nominasi 100 besar dalam anugerah Desa Wisata 2021 dari 1.831 desa wisata se-nusantara.

Suriad menyampaikan terima kasih dan mengucapkan selamat kepada Desa Denai Lama, serta tetap berinovasi dalam kemajuan desa wisata dan destinasi wisata.

“Mudah-mudahan ini menjadi barometer semakin menggeliatnya kreasi, inovasi dan sinergi antara desa-desa wisata di Deli Serdang, sehingga menjadikan Deli Serdang lebih maju lagi kedepan,” katanya.

Tokoh Pemuda Desa selaku Local Guide, Brama Kumbara yang turut serta berpartisipasi dalam program Desa Wisata Kampoeng Lama sejak tahun 2017, memberi gambaran, jika dalam Anugerah Desa Wisata ini ada sekitar 7 kategori yang dinilai.

Yaitu homestay, toilet, souvenir, desad igital, CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability), konten kreatif, serta daya tarik wisata.

“Semua kategori itu didasarkan pada 4 pilar utama yaitu, pengelolaan atau manajemen, sosial budaya, ekonomi dan pelestarian lingkungan dan tambahan lainya adalah digitalisasi. Karena pada input data tersebut harus paham dan dapat mengakses data dan link di platform Jaringan Desa Wisata (Jadesta),” sebutnya.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat nominasi 100 besar oleh  Suriadi kepada Kepala Desa (Kades) Denai, Parnu yang diikuti beberapa para undangan lainya. (Idris)