Bupati Surya Resmikan Kantor Inspektorat Asahan 

Bupati Asahan, Surya melakukan pengguntingan peresmian kantor Inspektorat yang baru. 

Asahan, Lintangnews.com | Kantor Inspektorat Kabupaten Asahan yang baru diresmikan Bupati, Surya didampingi Pembantu IV Provinsi Sumatera Utara, Kapolres, Kajari, Kasdim 0208/Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat, Rabu (22/1/2020).

Kantor di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Kisaran yang peresmiannya dibuka dengan pidato Inspektur Kabupaten Asahan, Zulkarnain Nasution. Dia mengatakan, keberadaan gedung baru ini merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang kinerja dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintah daerah .

“Gedung baru ini juga dilengkapi fasiltas penunjang kinerja pengawai, masing-masing pejabat struktural, auditor dan P2UPD menempati ruang tersendiri yang refresentatif. Gedung juga dilengkapi ruang pemeriksaan, 2 ruang aula, mushola dan gedung arsip,” paparnya.

Zulkarnain menyampaikan, ini dalam rangka menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat tentang dugaan penyimpangan penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Desa. Seluruh ruangan memakai mobiler yang berkualitas dan dipasang alat pendingin ruangan.

“Gedung ini dijadikan spirit baru meningkatkan kinerja pengawai dan optimisme dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP),” ungkapnya.

Bupati Asahan dalam arahannya mengatakan, pengawasan sebagai salah satu fungsi pokok manajemen pemerintahan, merupakan kegiatan untuk memastikan dan menjamin, bahwa tujuan, sasaran serta tugas dan fungsi terlaksana dengan baik, sesuai dengan rencana dan ketentuan perundang-undangan.

“Untuk meningkatkan kinerja APIP dalam melakukan pengawasan, Pemkab Asahan memfasilitasi sarana dan prasarana yang baik, melalui dukungan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan membangun gedung Inspektorat yang baru,” paparnya.

Surya juga mengatakan, pembangunan gedung ini sebagai komitmen pihaknya memperkuat peran Inspektorat Asahan sebagai APIP yang memiliki posisi sangat strategis dari fungsi manajemen untuk mewujudkan visi dan misi serta program Pemkab Asahan.

“Kepala OPD selaku pengguna barang milik daerah, saya harapkan agar gedung yang kita resmikan ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya untuk menunjang kinerja Inspektorat Asahan. Jangan manfaatkan jabatan pengawas yang diberikan ini dengan sewenang-wenang atau tidak sesuai dengan tupoksi kerja,” ujar Bupati. (Heru)