Zulkarnain Buka Musrenbang Desa Pantai Labu Pekan  

Pelaksanaan Musrenbang Desa Pantai Labu Pekan.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Seratusan warga Desa Pantai Labu Pekan, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Rabu(22/1/2020) mengikuti pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa yang digelar di aula kantor Desa setempat.

Musrenbang itu dihadiri Kasi PMD Kecamatan Pantai Labu, Abdul Mufid dan staf, Kepala Puskesmas (Kapus) Pantai Labu, Dewi Rosita, para Kepala Sekolah, BPD/LKMD, Kepala Dusun (Kadus) dan kader PKK.

Kepala Desa (Kades) Pantai Labu Pekan ,Zulkarnain berharap pada warga dan undangan lainnya untuk mengusulkan rencana pembangunan yang perlu dan menjadi prioritas di Dusun maupun Desa demi kemajuan pembangunan.

“Selain itu, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga Desa perlu juga diusulkan pemberdayaan maupun pelatihan. Kami berharap pada warga gunakan hak suaranya pada Musrenbang ini,” tutupnya.

Sementara itu Kasi PMD, Abdul Mufid mengatakan, Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.

“Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari, dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa. Setiap Desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa,” sebutnya.

Adapun hasil perengkingan pada Musrenbang itu adalah, pemasangan pagar Puskesmas Pantai Labu 80 x 2,5 meter, rehab ruang kelas SD Negeri 101926 (7 ruangan), pemasangan pagar SD Negeri 105337 sepanjang 35 meter, drainase Dusun IV sepanjang 350 meter dan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun IV sepanjang 100 meter. (Idris)