Bupati Taput : Pergunakanlah Alsintan dan Akte Notaris Poktan Sesuai Fungsinya

Bupati Taput, Nikson Nababan saat mencoba hand tracktor.

Taput, Lintangnews.com | Sektor pengembangan di bidang pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terus digalakkan Pemkab Taput yang dipimpin Bupati Nikson Nababan, dengan menyalurkan berbagai jenis alat mesin pertanian (alsintan) dan akte notaris para kelompok tani (poktan).

Hal itu dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya khusus (upsus) pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai di Taput, pada Senin (20/1/2020).

Adapun bantuan alsintan yang diserahkan langsung oleh Bupati pada para poktan ada beberapa macam jenisnya. Begitu juga akte notaris pada poktan di Taput.

Nikson mengharapkan, agar dampak kegiatan optimasi lahan bisa menjadi langkah strategis dalam mengantisipasi kekurangan pangan untuk memproduksi padi sebagai bahan pangan utama.

“Maka kegiatan ini difokuskan untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas melalui penyediaan sarana produksi seperti pupuk dan benih, serta bantuan pengolahan tanah seperti alsintan (hand traktor) dan lainnya,” sebut Bupati.

Menurutnya, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang memiliki agrolkimat lengkap khususnya di wilayah Taput berfungsi sebagai penyangga produksi pangan, khususnya padi capaian itu terwujud atas kerja sama yang baik antara pemerintah dan petani serta pihak terkait lainnya.

Dia juga mengatakan, pada APBN-P tahun 2020, Taput telah mendapatkan anggaran kontingensi kegiatan Percepatan Optimasi Lahan (POL) yang saat ini sedang berjalan, dimana poktan Provinsi dan Pusat sebagai pendamping.

“Kita patut bersyukur, karena alokasi anggaran dari pemerintah mengalami peningkatan signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dengan dialokasi anggaran untuk mendukung upaya khusus pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai yang terdiri atas kegiatan masyarakat Taput yang gigih,” paparnya.

Di akhir sambutannya, Nikson mengharapkan pada para poktan agar dapat memanfaatkan, menggunakan serta memelihara bantuan yang telah diberikan pemerintah, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan masyarakat Taput. (Pembela)