Bupati Tobasa Apresiasi Pelaksanaan Pensi SMP Budhi Darma Balige

Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat memberikan arahan pada pentas seni SMP Budhi Darma Balige.

Tobasa, Lintangnews.com | Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian mengapresiasi pentas seni (pensi) SMP Budhi Dharma Balige dan pertanda sekolah mendukung bakat seni dan budaya yang dimiliki siswa-siswinya.

“Pintar di sekolah tidak cukup, tetapi harus memiliki seni. Saya mengapresiasi paduan suaranya sebagai bukti adanya keseimbangan hidup, IQ, etika dan estetika,” Darwin. Sabtu (30/3/2019).

Bupati memuji salah satu siswa bernama Aditia Situmorang yang memiliki IQ 147. Kemudian mengundang ke Sigapiton Kecamatan Ajibata, saat louncing Otorita Danau Toba pada tanggal 4 April 2019, untuk bertemu dengan para Menteri Kabinet Kerja. Dirinya juga memuji Dikki Sibuea yang penampilannya luar biasa membawakan acara tortor.

“Anak-anak tampil luar biasa walaupun masih ada kekurangan. Butuh proses dan perlu polesan untuk menjadi professional,” terangnya.

Terkait pengadaan Marching Band, Bupati menuturkan, akan diusulkan supaya ditampung pada APBD  tahun depan, begitu juga laboratorium bahasa. Darwin juga menyarankan untuk melestarikan olahraga Margala. Ini termasuk meminta Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) untuk melaksanakan festival olahraga Margala sebagai upaya melestarikan budaya.

Di akhir sambutannya, Bupati memberikan kuis jumlah pasal Perjanjian Lama pada Alkitab. Salah seorang siswi bernama Magdalena Hutagalung menjawab dengan sempurna, yaitu sebanyak 929 pasal dan langsung diberikan hadiah uang sebesar Rp 1 juta. Bupati juga mengajak para siswa-siswi untuk rajin membaca Alkitab setiap harinya.

Sementara Kadisdik, Parlinggoman Panjaitan menyampaikan, acara pensi ini dilaksanakan setiap tahun dan dipertandingkan di tingkat Provinsi dan Nasional.

Dia berharap, untuk memakai produk lokal seperti Mandar Balige dan saat ini sudah dibagikan ke SD Khatolik sebanyak 30 lembar. Parlinggoma juga meminta dukungan sekolah untuk memakai produk local.

Turut hadir dalam acara itu, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Wakil Ketua DPRD, Toni Simanjuntak, Kabag Setdakab, pengurus Yayasan, para alumni mulai tahun 1988 dan orang tua siswa. (asri)