Bupati Tobasa Berikan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas

Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat berikan alat bantu pada penyandang disabilitas.

Tobasa, Lintangnews.com | Penyerahan alat bantu kepada 30 orang penyandang disabilitas se Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berlangsung di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kecamatan Porsea melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Selasa (21/5/2019).

Kegiatan penyerahan serta pendayagunaan para penyandang cacat dan eks trauma yang diberikan Pemkab Tobasa itu mendapat apresiasi dari keluarga disabilitas.

Menurut Kadis Sosial, Raja Ipan Sinurat, penyandang disabilitas di 16 Kecamatan sebanyak 1.611 orang. Raja Ipan menuturkan, penyerahan bantuan kursi roda dan tongkat kaki 3 kepada penyandang disabilitas itu dipimpin langsung oleh Bupati, Darwin Siagian.

“Kegiatan penyerahan bantuan sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu. Bantuan yang diberikan Kick Andi berupa bantuan fisik kepada 19 orang. Dan di tahun 2018 disabilitas di Tobasa juga mendapat bantuan dari Bank Sumut kepada 40 orang,” terangnya.

Sementara untuk bantuan yang diberikan di tahun 2019 ini pada 30 orang, berupa kursi roda dan tongkat kaki 3. Ini termasuk bantuan termasuk kepada disabilitas mental bagi 4 Kepala Keluarga (KK).

“Tujuan dari penyerahan alat bantu ini untuk meningkatkan rasa percaya diri bagi disabilitas, sehingga mampu berinteraksi dengan masyarakat dan keluarga. Selain itu, ini rasa perduli pemerintah kepada warganya,” papar Raja Ipan.

Menurutnya, ini sudah menjadi tanggungjawab pemerintah untuk melindungi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Salah satunya melalui pemberian alat bantu pada penyandang disabilitas. (asri)