Cegah Merebaknya Virus Corona, Sejumlah Kampus di Siantar Buat Kebijakan

Pemakaian masker untuk pencegahan Virus Corona.

Siantar, Lintangnews.com | Meminimalisir merebaknya Virus Corona, sejumlah kampus di Kota Siantar membuat kebijakan dengan baru buat mahasiswanya.

Di Universitas Simalungun (USI), sesuai edaran Nomor : 064/F.08/USI/2020, untuk mencegah merebaknya virus corona, dalam rangka Ujian Tengah Semester (UTS) mahasiswa-mahasiswi diminta mengerjakan soal ujian di rumah masing-masing. Dan kertas jawaban diserahkan paling lambat 2 minggu, setelah tertanggal 16 Maret 2020.

“Untuk pembagian soal dimulai hari ini sampai besok, Rabu (18/3/2020) melalui Wakil Dekan I Fakultas masing-masing,” sebut Rektor USI, Corry Purba, Selasa (17/3/2020).

Sementara itu, di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) melakukan kuliah daring. Rektor UHKBPNP, Sanggam Siahaan menyampaikan, aktifitas perkuliahan tatap muka ditiadakan mulai tanggal 17-30 Maret 2020.

“Selama waktu yang ditetapkan perkuliahan dilaksanakan secara online atau daring oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan. Tentu pelaksanaannya sesuai dengan jadwal atau roster yang sudah disusun sebelumnya,” ujar Sanggam.

Dijelaskannya, perkuliahan online ini dapat dilakukan melalui Google Classroom, WhatsApp (WA) Grup dan Facebook Grup. Sedangkan untuk perkuliahan praktikum, praktek dan tugas akan dijadwal ulang setelah kuliah tatap muka dilaksanakan.

Sanggam mengingatkan, kepada seluruh mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Langkah ini, kata dia, wajib dilakukan agar terhindar dari Virus Corona. Demikian juga gejala yang ditimbulkan, karena Covid 19 harus dikenali dan waspadai.

Di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung, menindaklanjuti surat Wali Kota Siantar perihal pencegahan Virus Corona pada satuan pendidikan, maka perkuliahan tatap muka ditiadakan.

“Hal ini dilakukan mulai dari tanggal 18-28 Maret 2020 dan perkuliahan kembali dilaksanakan pada 30 Maret 2020,” ucap Ketua STIE Sultan Agung, Darwin Lie. (Elisbet)