Cegah Terlibat Narkoba, Yonif 122/TS Ikuti Tes Urine Dadakan

Personil Yonif 122/TS saat mengikuti tes urine.

Simalungun, Lintangnews.com | Prajurit TNI Batalyon Infanteri (Yonif) 122/Tombak Sakti(TS) mengikuti penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Siantar.

Dalam kegiatan yang berlangsung di aula Yonif 122/TS Jalan Siantar-Tanah Jawa, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun itu juga dilaksanakan tes urine kepada prajurit secara acak, Senin (18/2/2019).

“Dari hasil pelaksanaan pemeriksaan test urine yang  dilakukan anggota BNNK Siantar sebanyak 30 orang personel dinyatakan negatif (bebas narkoba),” sebut Komandan Yonif (Danyon) 122/TS, Letkol Inf Ahmad Aziz

Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan Yonif 122/TS bertujuan mengenai dampak bahaya narkoba.Sehingga diharapkan para prajurit mendapatkan gambaran dalam upaya mencegah diri dan keluarga dari pengaruh bahaya narkoba.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan program dan untuk mengingatkan  kepada prajurit dampak penyalahgunaan narkoba berbahaya bagi kita semua, khususnya bagi generasi muda dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Letkol Inf Ahmad Aziz.

Sementara Kepala BNNK Siantar, AKBP Saudara Sinuhaji menyampaikan, bangsa Indonesia kini dalam kondisi darurat narkoba. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penyalahgunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat.

Dijelaskan AKBP Saudara Sinuhaji, narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya.

Diakhir acara, AKBP Saudara Sinuhaji juga memaparkan tentang macam jenis narkoba, modus penyeludupan, bahaya narkoba, dampak bagi penggunanya, serta cara mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. (irfan)