Curah Hujan Tinggi, Ini Himbauan Dinkes pada Masyarakat Siantar

Kepala Dinas Kesehatan Siantar, Ronald Saragih.

Siantar, Lintangnews.com | Sehubungan dengan curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini, dikhawatirkan dapat menimbulkan terjadinya beberapa penyakit seperti diare, inpeksi saluran pernafasan akut (ispa), tipus dan penyakit kulit.

Untuk itu masyarakat dihimbau agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, keseimbangan gizi keluarga serta menjaga perilaku hidup bersih dan sehat( PHBS).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemko Siantar, Ronald H Saragih, Kamis (20/9/2018).

Ia menjelaskan, dengan terjadinya perubahan iklim atau cuaca dapat menimbulkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), untuk hal itu perlu disikapi pemberantasan Vektor Nyamuk (Aedes Aegypti), yang biasa hidup di tempat lembab baik dirumah-rumah maupun di tempat umum.

“Cara yang paling tepat dalam mengatasinya hanya dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD) dengan 3M Plus yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur dan Plus seperti menelungkupkan barang barang yang dapat menampung air, memberi abate, memelihara ikan pemakan jentik, menggunakan kelambu dan sebagainya,” jelasnya.

Lanjutnya, perlu diketahui bahwa fogging atau pengasapan bukan hal yang efektif untuk menanggulangi DBD.

UnRonald menghimbau kepada masyarakat agar mengunjungi pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Siantar melalui Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit(P2P).

“Apabila ingin mendapat Informasi Kesahatan maupun mendapat Gejala Penyakit kunjungi Puskesmas dan P2P,” tutupnya. (elisbet)