Dampak Ekonomi Akibat Covid-19, Yasopan Bagi Sembako ke Warga Siantar

Seluruh pengurus Yasopan saat foto bersama.

Siantar, Lintangnews.com | Yayasan Solidaritas Pelangi Nusantara (Yasopan) terdiri dari multi etnis, berbagai suku dan lintas agama hadir untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Saat ini, akibat Virus Corona (Covid-19) membawa dampak pada perekonomian masyarakat, khususnya di Kota Siantar.

“Pemerintah menganjurkan kita untuk tetap di rumah,” ucap Pdt Adv Horas Sianturi selaku Ketua Pendiri Yasopan, Minggu (5/4/2020) di Posko Yasopan, Jalan Siantar-Saribu Dolok, Kelurahan Naga Huta, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Siantar.

Berkaitan dengan hal itu, Yasopan sambung Pdt Adv Horas mendistribusikan 100 paket sembako untuk masyarakat.

Bantuan itu terangnya hanya untuk meringankan beban warga yang mendapat dampak akibat Covid-19. “Semua memang merasakan dampaknya, tetapi pasti ada yang lebih merasakan,” tuturnya.

Disampaikan Pdt Adv Horas, kegiatan ini terselenggara karena bantuan warga Siantar maupun yang di perantauan.

“Ada beberapa nama, termasuk Riko Simanjuntak pemain Persija dan Romeyan Siahaan. Mudah-mudahan ini dapat menggungah pengusaha-pengusaha kita, karena banyak masyarakat yang membutuhkan. Kalau ini posko pertama, nantinya kita akan buka posko kedua di Jalan Medan, posko ketiga, keempat dan seterusnya,” pungkas Pdt Adv Horas.

Salah seorang warga saat menerima bantuan sembako dari Yasopan.

Ditambahkan Ketua Yasopan, Patiar Manurung, didampingi Marlin Manindo Sinaga selaku Sekretaris, dan Bendahara, Zulkifli pemilik bengkel Zul, jika sembako yang diberikan berupa beras, minyak, gula, telur dan bubuk teh.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan mempercayakan kepada Yasopan. Kami akan melakukan secara transparan, makanya kita berharap kepada seluruh donatur agar bergabung di Grup Yasopan Peduli. Nantinya di grup itu, kita akan melaporkan uang keluar kemana saja dan  uang masuk dari mana. Bagaimanapun kita di Yasopan, kepercayaan itu hal yang mutlak dan berharga. Pastinya kedepan kita akan tetap buat kegiatan sosial yang butuh dukungan semua pihak. Untuk yang ingin berdonasi di Yasopan, kita telah membuka rekening dengan nomor 080761880 (BNI),” tutur Patiar.

Pria yang berprofesi sebagai jurnalis ini memastikan peserta yang mendapat bantuan merupakan orang-orang yang benar-benar membutuhkan. “Kita upayakan bantuan ini tidak salah sasaran, jangan pula para donatur menjadi kecewa,” ujarnya.

Lanjut Patiar, kegiatan kedua akan dilaksanakan kembali minggu depan di Jalan Medan dan jika donasi dari para donatur masih masuk akan disalurkan. “Untuk rencana ketiga, kita membantu supir atau tukang becak. Intinya, semua akan dikerjakan transparan,” tandasnya.

Susilawati Siregar salah seorang warga yang menerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada Yasopan atas bantuannya. Ia mengaku, bantuan sembako yang dilakukan Yasopan ditengah merebaknya Covid-19 berdampak pada persoalan ekonomi.

“Saya mewakili warga juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berdonasi,” tutur perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini.

Hadir dalam pembagian sembako itu, Camat Siantar Marimbun, Jan Ericson Purba, dan sejumlah perangkat Kelurahan Naga Huta Timur. (Elisbet)