Dandim 0212/Tapsel Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021

Dandim 0212/TS, Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing memberikan tali asih pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Pondok Pesantren Al- Ansor.

Padangsidimpuan, Lintangnews.com | Komandan Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing hadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Pondok Pesantren Al-Ansor, Jalan Tengku Rizal Nurdin Km 8, Desa Manunggang Julu, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Jumat (22/10/2021)

Upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 itu dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padangsidimpuan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan Ponpes serta para santriwan dan santriwati perwakilan Ponpes se-Kota Padangsidimpuan

Saat ditemui awak media disela-sela acara, Dandim menjelaskan beberapa bagian hal yang terkutip dalam sambutan Menteri Agama (Menag) yang dibacakan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan, Arwin Siregar.

“Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 ini mengambil tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’ yang merupakan bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan lndonesia dan mewujudkan perdamaian dunia,” sebutnya.

Dandim juga menyebutkan, melalui Keputusan Presiden (Keppers) Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal  22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan ini merujuk pada tercetusnya ‘Resolusi Jihad’ yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan lndonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Selamat Hari Santri Nasional, semoga pada moment ini para santri dapat menjadi pelopor masa depan bangsa untuk hidup lebih baik dan sehat di masa pandemi Covid-19,” sebut Letkol Inf Rooy.

Dia juga meminta jangan lengah, meski telah divaksin, karena tidak semata-mata menjamin seseorang langsung kebal terhadap virus. “Karenanya kita semua harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah,” tegas Dandim. (SS)