Dankesyah : Kami Tidak ada Mengusir Kapten Inf Leo Sianturi dari RS Tentara

Dankesyah Letkol Ckm Suhartono (berpakaian dinas) memberikan keterangan pers pada wartawan.

Siantar, Lintangnews.com | Detasemen Kesehatan Wilayah (Dankesyah) Pematangsiantar, Letkol Ckm Suhartono didampingi Kasrem 022/Pantai Timur, Mayor Inf Djawardi menyampaikan, pernyataan Danramil 10/Balimbingan, Kapten Inf Leo Sianturi dinilai tidak benar.

“Kami tidak ada menolaknya. Dan kami tidak ada mengusir pasien (Kapten Inf Leo),” tandasnya.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Letkol Ckm Suhartono dalam release pers yang digelar di Rumah Sakit Tentara Jalan Simanuk-manuk, Kecamatan Siantar Barat, Jumat (25/120/19) malam.

Suhartono menuturkan awalnya Kapten Inf Leo Sianturi mempunyai penyakit datang ke Poliklinik untuk menjalani rawat jalan, kemudian atas saran dokter harus dirawat inap.

“Beliau masuk sejak Kamis (24/1/2019) sekira pukul 14.00 WIB dengan penyakit good attritis (rematik),” sebut Suhartono.

Lanjutnya, saat pergantian aplusan (shift), perawat mengunjungi Kapten Inf Leo ke ruangannya. Sesuai Standard Operasiona Procedural (SOP), perawat menanyakan apakah Kapten Inf Leo sudah makan, termasuk kondisinya. Dan ternyata makanan itu tidak dimakan.

“Kemudian ada ketersinggungan beliau yang diucapkan perawat, ketersinggungan itu membuat beliau tidak nyaman,” ucap Suhartono.

Kapten Inf Leo Sianturi saat dirawat di Rumah Sakit Vita Insani.

Menurutnya, semua yang dilakukan perawat sudah sesuai prosedur. Dia juga menegaskan, adanya rumah sakit ini karena ada tentara.

“Kami sudah merawat sesuai prosedur. Jadi intinya kita tidak ada telantarkan beliau. Karena ketersinggungan itu beliau marah-marah,” paparnya.

Akhirnya Kapten Inf Leo meminta untuk dipindahkan ke Rumah Sakit Vita Insani (RSVI). Perawat pun disebut sudah berusaha merawat dengan baik.

“Jika pun beliau meminta pindah akan kami fasilitasi, namun kenyataannya tidak mau. Saya sudah tanyakan langsung kepada perawat kronologis sebenarnya dan semua yang dikatakan Kapten Inf Leo tidak benar,” paparnya.

Sebelumnya, Kapten Inf Leo Sianturi saat ditemui di ruangan RSVI No 358, Jalan Merdeka, mengaku dirinya seorang perawat karena tidak ada menjaga dirinya di RS Tentara.

“Kenapa nasinya gak dimakan pak. Gimana saya mengambil. Istri kemana pak, kalau dirawat disini gak boleh tidak ada yang menjaga,” ujar Leo menirukan ucap seorang perawat, Jumat (25/1/2019). (tim)