Danlantamal I Belawan Tutup Bimtek Hukum Laut Internasional

Danlantamal I Belawan,Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono memberikan piagam penghargaan pada peserta bimtek.

Belawan, Lintangnews.com | Pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) hukum laut internasional yang berlangsung selama 5 hari secara resmi ditutup Komandan Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono didampingi Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Mahmul Siregar di aula Yos Sudarso Lantamal I Belawan, Jumat (3/9/2021).

Kegiatan bimtek telah berlangsung sejak Senin (30/8/2021) lalu dan dibuka langsung oleh Kadiskumak, Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung.

Kegiatan bimtek ini bekerja sama antara Dinas Hukum Angkatan Laut (Diskumal) dengan USU sebagai pemberi pemateri terhadap 30 orang perwira TNI Angkatan Laut sebagai peserta dari Satuan Kapal Patroli, Staf dan Tim Intel, Diskum dan Satker terkait Lantamal I serta peserta lain dari Lanal-Lanal jajaran Lantamal I Belawan.

Dantamal menyampaikan, bimtek dengan berbagai materi hukum merupakan upaya TNI AL untuk memberikan wawasan pada para perwira yang bertugas di satuan-satuan operasional yang sering menghadapi permasalahan hukum, khususnya hukum laut internasional.

“Para Komandan unsur patroli, Diskum serta para komandan posal dan posmat, merupakan para personel perwira yang harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” sebutnya.

Laksamana Pertama TNI Achmad  juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Bimtek dari Diskumal, Dekan Fakultas Hukum USU beserta seluruh tim pengajar, panitia dan seluruh peserta yang telah bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya juga berpesan agar materi yang diperoleh dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” ujar Dantamal.

Penutupan bimtek juga dihadiri Wadan Lantamal I, Kolonel Marinir Amir Kasman, Kasubdis Kumlater Diskumal, Kolonel Laut (KH) Farid, Dosen dan pengajar/widyaswara dari Fakultas Hukum Departemen Hukum Laut Internasional USU, Pejabat Utama Lantamal I, Komandan Lanal TBA, Komandan Lanal Simeulue dan Kadiskum Lantamal I yang juga bertindak sebagai Ketua penyelenggara bimtek.

Selama kegiatan bimtek dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dari Diskes Lantamal I. (Idris)