Dansatrol Lantamal I Belawan Pimpin Sertijab Komandan KRI Siliman 848

Dansatrol Lantamal I Belawan, Kolonel Laut (P) Muhammad Oumry memimpin sertijab Komandan KRI Siliman 848.

Belawan, Lintangnews.com | Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal I Belawan, Kolonel Laut (P) Muhammad Oumry memimpin serah terima jabatan (sertijab) Komandan KRI Siliman 848 bertempat di gedung Serbaguna Mako Satrol, Senin (6/9/2021).

Sertijab Komandan KRI Siliman-848 dari Mayor Laut (P) Henri Wansen Naibaho kepada Mayor Laut (P) Mahendra.

Dalam amanatnya Dansatrol menyampaikan, sertijab Komandan KRI merupakan salah satu tuntutan organisasi dalam menghadapi dinamika perkembangan TNI Angkatan Laut. Menurutnya, jabatan Komandan KRI merupakan jabatan strategis.

Ini karena memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membina kesiapsiagaan dan kemampuan alutsista beserta personil pengawalnya, sehingga mampu hadir di laut untuk menegakkan hukum dan pertahanan kedaulatan perairan wilayah barat Indonesia. Termasuk dapat menjalankan tugas bantuan kemanusiaan berupa pertolongan di laut.

“Namun hal ini jangan lah diartikan secara sempit, bahwa segala sesuatu adalah tanggungjawab Komandan. Artinya bahwa setiap prajurit pastilah memiliki tugas mengawaki alutsista yang juga dituntut bertanggung jawab secara organisatoris sesuai dengan bidang masing-masing,” ujar Kolonel Laut (P) Muhammad Dimmi.

Dirinya juga memberikan instruksi kepada pejabat Komandan KRI di lingkungan Satrol Lantamal I untuk terus melaksanakan upaya-upaya pembinaan di semua bidang secara terencana, bertingkat, berlanjut dan dapat berjalan secara sinergis antar departemen.

Sehingga dapat mewujudkan organisasi KRI yang efektif, efisien serta responsif dalam menghadapi segala tantangan tugas di laut, dan mampu senantiasa menjaga kesiapan kapal baik personel maupun materil dengan tetap menerapkan prinsip-prinsip zero accident yang telah disosialisasikan kepada seluruh KRI jajaran Datrol Lantamal I.

Hadir dalam acara sertijab itu para perwira staf Satrol, Komandan KRI unsur Satrol Lantamal I dan dilaksanakan secara protokol kesehatan yang ketat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. (Idris)