Dara Nasution, Anak Siantar yang Diterima di 3 Universitas Terbaik Dunia

Dara A Nasution saat bersama Presiden RI Jokowidodo (Ist)

Siantar, Lintangnews.com | Selain cantik, Dara Adinda Kesuma Nasution merupakan gadis yang cerdas.

Politisi muda lulusan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) tahun 2017 itu kini tengah berniat melanjutkan pendidikannya Magister nya.

Memilih jurusan Magister Public Poliyc, Dara pun berhasil diterima di 3 Universitas yang masuk daftar 10 Universitas terbaik di dunia yakni, London School of Economics, Oxford dan Cambridge.

“Saya mau sekolah Public Policy karena mau belajar kebijakan publik. Dengan proses dan usaha keras terutama dalam proses penulisan policy paper yang jadi salah satu syarat pendaftaran ke Oxford dan Cambridge. Namun jujur masih bingung mau memilih yang mana,” ucap Dara, Senin (4/5/2020).

Ia mengaku senang, karena dapat melanjutkan study di Universitas terbaik di dunia. “Sebuah kesempatan yang sangat baik untuk saya. Dan semoga dapat menginspirasi pemuda lain kalau orang dari keluarga dan lingkungan biasa juga bisa menjadi orang yang hebat,” tuturnya.

Masa Kecil Dara di Siantar

Dara Adinda Nasution lahir di Kota Siantar tanggal 5 Agustus 1995 adalah putri Hendra Kesuma Nasution dan Masita Sri Rezeki. Dara merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Semasa kecil Dara tinggal di Jalan Maluku, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar.

Dara mengemban Sekolah Dasar (SD) di Yayasan Perguruan Keluarga (YPK), kemudian tamat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Siantar dan lulus di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Siantar pada tahun 2013 silam.

Sejak kecil Dara dikenal orang yang pendiam dan gemar membaca. Dara juga kerap menjadi juara kelas di sekolah dan aktif berorganisasi. Lahir dikeluarga yang sederhana dan lingkungan yang biasa nyatanya tidak menghalangi Dara untuk terus berprestasi.

Lulusan Terbaik Fisip Universitas Indonesia

Usai menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas, Dara melanjutkan study Sarjana di UI. Dara memilih jurusan Ilmu Komunikasi Massa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2013.

Saat kuliah Dara juga aktif di berbagai kegiatan mahasiswa, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa Pers Mahasiswa di UI.

Menjadi Asisten Riset lepas di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada tahun 2015 juga pernah dijejakinya sebelumnya. Kemudian Dara dihunjuk sebagai Asisten Riset Komunikasi di Pusat Kajian UI. Salah satu hasil kerja Dara di Pusat Kajian UI adalah rekomendasi strategis untuk LINE Indonesia.

Dara juga pernah menjadi juara I dalam kompetisi Indonesia Data Driven Journalism yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigatif dan Kantor Staf Presiden.

Sejak mahasiswa Dara sudah biasa mencari uang sendiri untuk keperluan kuliahnya. Dia kemudian terpilih menjadi mahasiwa lulusan terbaik FISIP UI dengan IPK 3,95. Dara kemudian diberi kepercayaan memberi berpidato mewakili seluruh lulusan UI pada saat wisuda akhir tahun 2017.

Turun Mencalon Anggota DPR-RI

Usai menyelesaikan kuliah, Dara mulai aktif di dunia politik. Usai berkerja di lembaga survei Saiful Mujani Research Consulting (SMR), dirinya dihunjuk menjadi juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dara pun kemudian maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) III di kota kelahiranya di Sumatera Utara. Itu adalah langkah awal dari perjalanan karir Dara turun langsung di dunia politik. (Elisbet)