Dasar Hukum Pemberhentian Wali Kota dan Wawako Siantar akan Terungkap  

Wali Kota Siantar, Hefriansyah dan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus. (Ist)

Siantar, Lintangnews.com | Proses pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar semakin bergulir, serta akan menjadi bola panas jika tidak segera dilaksanakan.

Masyarakat Siantar sejauh ini mengamati, bagaimana DPRD Siantar bersikap dalam proses pemberhentian Hefriansyah dan Togar Sitorus selaku Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar.

Seperti diketahui, sejauh ini DPRD Siantar belum mengambil sikap. Beberapa waktu lalu saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Siantar, Timbul Lingga mengaku akan melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal kepastian hukum pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kabag Penataan dan Pendapatan Daerah Biro Otda dan Kerja Sama Setdaprov Sumatera Utara, Ahmad Rasyid Ritonga saat dikonfirmasi mengaku, akan memfasilitasi DPRD Siantar dengan Kemendagri untuk melakukan rapat virtual terkait polemik pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar.

“Masih kita usulkan ke Kemendagri,” sebutnya saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp (WA), Jumat (2/7/2021).

Ia menuturkan, dalam agenda itu nantinya belum dapat memastikan apa saja yang dibahas dalam pemberhentian kepala daerah tersebut. “Kita lihatlah apa yang berkembang dalam rapat nantinya,” tutur Rasyid.

Lanjutnya, terkait surat yang dilayangkan oleh Pemprovsu yang belum ditindak lanjuti DPRD Siantar, Rasyid mengaku akan mengirim surat kembali.

“Normatifnya kan begitu, kalau surat tidak ditindaklanjuti berarti akan disurati kembali,” terangnya.

Lebih lanjut Rasyid menyampaikan dalam rapat nantinya proses pemberhentian kepala daerah di Siantar lewat Kemendagri dan surat yang akan dikirim ke DPRD Siantar akan turut disinggung.

“Soal waktu, kita akan lihat jadwal Kemendagri nantinya,” tandasnya. (Elisbet)