Datangi Cafe dan Warung Tuak, Ini Tujuan Polres Simalungun dan Kodim 0207/SML

Personil Polres Simalungun bersama Kodim 0207/SML mendatangi warung tuak dan café.

Simalungun, Lintangnews.com | Polres Simalungun dan Kodim 0207/SML bersinergi melaksanakan Operasi Yustisi di malam hari, Selasa (6/7/2021).

Ini guna mendisplinkan masyarakat dalam protokoler kesehatan (prokes), khususnya memakai masker. Termasuk sebagai wujud implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 4 Agustus 2020, serta Peraturan Bupati (Perbup) Simalungun Nomor 26 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kegiatan itu dipimpin langsung Kabag Ops, Kompol Suryanto bersama personil Polres Simalungun dan Kodim 0207/SML untuk mendisiplinkan prokes. Juga  memberikan pemahaman tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna percepatan penanganan Covid-19 pada masyarakat.

Kompol Surya mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi peraturan pemerintah tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum prokes dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Dalam operasi itu, petugas juga memberikan imbauan kepada warga agar wajib menggunakan maskerapa bila keluar rumah. Selain itu, memberikan teguran pada warga yang ditemukan tidak memakai masker,” paparnya.

Ada pun jumlah petugas yang dilibatkan sebanyak 30 orang dari Polres Simalungun dan 15 orang personil Kodim 0207/SML, dengan sasaran masyarakat yang tidak menggunakan masker seperti di cafe, warung tuak dan tempat-tempat angkringan.

Petugas menegur perorangan sebanyak 391 orang, pelaku usaha 5 orang, teguran lisan 306 orang dan teguran berupa push up pada 28 orang. “Semua ini ditempuh untuk memutuskan mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 yang masih terus mewabah,” jelas Kompol Surya.

Dia mengatakan, kegiatan Operasi Yustisi dilaksanakan secara rutin oleh Polsek-polsek sejajaran Polres Simalungun. Menurutnya, Polres Simalungun bersama instansi terkait akan terus berupaya menggelar Operasi Yustisi baik siang maupun malam hari.

“Kami berharap, masyarakat sadar diri mematuhi penerapan prokes dan PPKM Mikro,” tukasnya. (Rel/Zai)