Pemkab Asahan Ikuti VLH Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

Bupati Asahan, Surya bersama pimpinan OPD mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

Kegiatan itu diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual di Aula Melati kantor Bupati Asahan, Rabu (7/7/2021).

Menteri PPA diwakili Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan, Rohika Kurniadi Sari mengatakan, kegiatan evaluasi ini menjadi salah satu bagian yang penting bagi anak. Pasalnya, ini dapat melindungi dan menjamin bentuk pemenuhan hak anak khususnya di Kabupaten Asahan.

“Semoga semangat seluruh perangkat pemerintah yang terkait serta stakeholder di Asahan dapat menguatkan dan bisa menyajikan beberapa hal yang berhubungan dengan penilaian KLA,” harapnya.

Sementara Bupati Surya mengatakan, Pemkab Asahan siap untuk ditetapkan menjadi KLA tahun 2021.

Dalam mendukung hal ini menurutnya, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saling bekerja sama dalam menjadikan Asahan menjadi KLA tahun 2021. Selain itu, Asahan juga telah membentuk Gugus Tugas KLA.

“Selain itu, Asahan juga memiliki Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak anak,” paparnya.

Surya menambahkan, Asahan juga memiliki Forum Anak yang bermanfaat sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan atau lembaga perwakilan kelompok kegiatan organisasi anak sesuai jenjang administrasi pemerintahan. (Heru)