Deklarator Nasional PABSI Sumut Siap Sukseskan Rapimnas Tahun 2020

Ketua Deklarator PABSI Sumatera Utara, Buyung Tanjung.

Simalungun, Lintangnews.com | Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABSI) segera menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) tahun 2020 di Hotel Grand Place Cianjur, Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25-26 November 2020 mendatang.

Ketua Deklarator PABSI Sumatera Utara, Buyung Tanjung mengatakan, rapimnas itu guna membahas peraturan organisasi dan regulasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau kata lain di Kabupaten Simalungun disebut Maujana Nagori.

Ketua BPD (Maujana Nagori) Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun ini juga mengatakan, rapimnas mendatang adalah sebuah momentum menentukan arah kebijakan melalui rapat komisi-komisi.

“Ini membidangi organisasi, regulasi BPD secara nasional, serta program pembangunan BPD dan Desa. Berkelanjutan dengan program-program persatuan anggota BPD dalam membantu pemerintah untuk memberikan masukan,” sebut Buyung, Rabu (4/11/2020).

Selanjutnya, saran dan rekomendasi bagaimana tata kelola pemerintah desa berjalan sesuai dengan regulasi yang ada, dan peningkatan kapasitan BPD seluruh Indonesia, serta menjadi perhatian PABSI dalam rapimnas nantinya.

Menurutnya, berdasarkan Surat Keputusan (SK) PABSI Nomor : Kep-03/PB-PABSI/X/2020 tentang Pengesahan Deklator Nasional Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia, ada 17 Provinsi sebagai peserta penuh mengahadiri Rapimnas.

Setiap deklarator Provinsi mengirimkan 3 orang peserta peninjau unsur perwakilan BPD se Kabupaten/Kota sebanyak 3 orang yang ditentukan oleh Ketua Deklarator Provinsi seluruh Indonesia.

“Pada momen ini saya mengajak kawan-kawan deklarator Provinsi seluruh Indonesia untuk mengambil peran dalam mensukseskan rapimnas. Dengan penuh harapan pasca rapimnas itu segera melakukan konsolidasi ke seluruh tingkatan,” imbuh Buyung. (Rel/Zai)