Delapan Hari Jelang Pemilu 2019, ASN Siantar Dinilai masih Netral

Ilustrasi.

Siantar, Lintangnews.com | Sampai saat ini, 8 hari menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Siantar dinilai masih terkesan netral.

Situasi tersebut dapat dilihat dari laporan dan temuan dugaan pelanggaran Pemilu yang tidak ada mengandung unsur ASN Kota Siantar.

Hal ini disampaikan Sepriandison Saragih selaku Ketua Bawaslu Siantar saat dikonfirmasi, Selasa (9/4/2019).

Bawaslu Siantar, sebut Sepriandison telah melakukan berbagai upaya pencegahan berupa sosialisasi kepada seluruh perangkat ASN yang terdiri atas Camat, Lurah dan perangkat daerah dalam rangka meningkatkan netralitas ASN di Pemilu Tahun 2019.

Disampaikan Sepriandison, ketika Bawaslu Siantar menemukan dugaan pelanggaran yang melibatkan ASN, TNI/Polri ataupun setiap orang yang menerima honor dari APBN dan APBD melalui laporan ataupun temuan, akan menindaklanjuti sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu.

“Ketika dilakukan proses penanganan hingga melalui kajian dugaan pelanggaran, bahwa ASN dan aparatur lainnya melakukan dugaan pidana Pemilu, maka akan diteruskan ke Sentra Gakkumdu Bawaslu Siantar dan akan diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk ditindaklanjuti sesuai regulasi yang berlaku,” tandasnya. (elisbet)