Dengan Keterbatasan di Masa Pandemi Covid-19, Natal Oikumene Siantar Berlangsung Hikmat

Ketua Umum Natal Oikumene Kota Siantar Tahun 2020, Kolonel Inf Waston Purba bersama panitia dan unsur Forkopimda.

Siantar, Lintangnews.com | Perayaan Natal Oikumene Kota Siantar 2020 berlangsung hikmat dan lancar, Minggu (27/12/2020).

Natal Tahun 2020 ini mengangkat tema sesuai yang ditentukan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Tema mengutip ayat dari Matius 1:23 yang bunyinya ‘Mereka akan menamakan-Nya Imanuel!’.

Ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI), Pdt Marolop Pahala Hutabarat menyampaikan, dalam renungan Natal, bahwa perjuangan manusia di dunia tidak akan sia-sia ketika mengandalkan Kristus.

“Perayaan Natal adalah Perayaan Iman bagi setiap orang yang percaya Kepada Yesus Kristus. Jadi tidak ada yang sia-sia ketika bersama Kristus. Perayaan Natal ditengah pandemi Coronavirus Disaese 2019 (Covid-19) sangat berbeda. Saat ini dunia telah dirundung kesedihan. Dunia saat ini sedang sakit dan perlu penyembuhan,” ujarnya.

Pdt Marolop menuturkan, dunia adalah tempat berdamai. Yaitu berdamai dengan lingkungan. Maka, perlu membersihkan rumah masing-masing dan jangan terus merusak lingkungan.

Menurutnya, kasih Tuhan tidak terbatas. Tetapi pada saat ini di masa pandemi semua banyak keterbatasan.

“Tema Natal Tahun ini sangat luar biasa. Dan mereka menamakanNya Immanuel, yang artinya Tuhan berserta kita,” papar Ephorus.

Sementara itu, Ketua Umum Natal Oikumene Kota Siantar Tahun 2020, Kolonel Inf Waston Purba menyampaikan, manusia bisa hidup benar bersama Tuhan.

“Kiranya melalui Natal ini kita bisa bersatu hati agar kebersamaan menjadi kekuatan bagi semuanya. Setelah Perayaan Natal ini selesai, diharapkan akan tetap terjaga dan mempererat kasih,” pungkas Komandan Rindam 1/Bukit Barisan ini.

Ketua Pelaksana Natal Oikumene Kota Siantar 2020, Hendra Leonardo Simanjuntak mengatakan, Perayaan Natal ini penuh dengan pergumulan. Kata dia, patut bersyukur bisa merayakan dengan segala keterbatasan di masa pandemi Covid-19.

Hendra mengajak, agar Natal menjadi momentum bergerak secara bersama dan datang kepada Yesus Kristus. Disebutkan, kehadiran anak muda sangat dibutuhkan dalam membangun kota yang lebih baik.

“Suka cita Natal yang bertambah untuk kita semua. Kita sangat merindukan pemimpin kota ini memberikan yang terbaik pada kota dan masyarakatnya. Semakin maju dan kita semua diberkati melalui perayaan. Kita membuang semua ego dan menyerahkah kepada diri Yesus Kristus. Dan Tuhan menyertai kita,” kata Hendra.

Rangkaian acara ibadah Natal diisi oleh Juara Indonesia Idol 2018, Maria Simorangkir. Maria menyanyikan beberapa lagu rohani. Pada acara hiburan Maria juga menyanyikan lagu pop Batak. (Elisbet)