Dianggap Suatu Kehormatan, Busana Simalungun Dipakai Ibu Negara di Perayaan HUT RI

Bulang dan Hiou saat dipakai oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi Widodo.

Siantar, Lintangnews.com | Suku Simalungun tak menyangka jika salah satu unsur kebudayaan Simalungun, Bulang dan Hiou, kini dipakai Ibu Negara, Iriana Jokowi Widodo dalam panggung kehormatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2019) di Istana Presiden, Jakarta.

Sikap ini menunjukkan bahwa budaya Simalungun harus dirawat dan dijaga bersama, bercermin dari hadirnya busana Simalungun sudah menjadi media diplomasi tingkat nasional. Ini juga semakin menambah rasa semangat komunal bersama bagi etnik Simalungun.

“Sudah saatnya kita melihat bahwa budaya lokal kita sendiri ternyata jauh lebih dihargai. Sudah saatnya busana Simalungun menjadi rujukan bagi  masyarakat dan Pemda dalam menjalankan berbagai kegiatan dan adat istiadat,” sebut Sutan Saragih selaku Ketua Sanggar Budaya Rayantara, Sabtu (17/8/2019).

Ia berharap diplomasi kebudayaan Simalungun, dapat dijangkau lebih jauh lagi pada acara Kepresidenan.

“Semoga Tor-Tor Sombah Simalungun dapat tampil pada acara Kepresidenan, dan tari khas simbol penghormatan kepada dedikasi pemimpin negeri dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI,” tutup penggiat budaya ini. (Elisbet)