Diduga Efek Dikerjakan Pengusaha Lain, Besi Tulangan Rumdis Puskesmas Sipintuangin Alami Karat

Simalungun, Lintangnews.com | Akibat diduga efek dikerjakan pengusaha lain, besi tulangan gedung baru rumah dinas Puskesmas Sipintuangin di Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun alami karat pada permukaannya.

“Belum ada dilaporkan pengawas supervisi. Nanti akan kami tindaklanjuti. Sabar ya, nanti saya jawab konfirmasi anda,” elak Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Jan Ripelman Sipayung, Kamis (26/8/2021).

Sebelumnya, Jan Ripelman membantah pelaksana pembangunan Puskesmas Sipintuangin dan 1 unit rumah dinas adalah inisial TN warga Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

“Lupa saya siapa namanya. Saya ingat dia masih muda. Saya PPTK proyek itu, tetapi kurang aktif beberapa Minggu lalu. Yang saya ingat Direkturnya bukan Takkas Nadapdap,” beber Jan Ripelman.

Menurutnya, untuk mendapatkan nomor kontak person direktur pelaksana proyek Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Simalungun senilai Rp 4 miliar bersumberdari APBD tahun 2021 dirinya harus lebih dulu berkoordinasi ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Besok saya minta dari PPK (Arnold Saragih). Karena dia yang berkomunikasi selama ini dengan pihak ketiga. Mulai besok saya aktif mengawasi ke lapangan,” imbuhnya, seraya menuturkan, uang muka kegiatan sudah dibayarkan.

Jan Ripelman juga membenarkan pihaknya telah menyuruh pihak ketiga membongkar ulang pondasi bangunan. Karena pihak ketiga tidak mematuhi petunjuk teknis (juknis) pembuatan pondasi dengan bentuk trapesium.

“Iya, betul itu dibongkar pondasinya. Kami yang menyuruh. Karena pondasinya dibuat pihak ketiga berbentuk persegi (balok memanjang). Seharusnya trapesium sesuai dengan gambar,” terang Jan Ripelman.

Bantahan juga sebelumnya disampaikan Arnold Saragih selaku PPK. “PT Afifa Jaya Perkasa pelaksananya, direkturnya marga Sitanggang orang Kota Tebingtinggi,” tukasnya. (Zai)