Diduga Korupsi, ILAJ Instruksikan Kajari Simalungun Periksa Kadisperindag

Kadsiperindag, Harmedin Saragih dan laporan ILAJ.

Simalungun, Lintangnews com | Institute Law And Justice (ILAJ) merupakan yayasan lembaga hukum dan keadilan yang selalu aktif menyikapi persoalan penegakan hukum di Indonesia, khususnya di Kabupaten Simalungun.

Diketahui pada 16 Januari 2020 ILAJ telah resmi menyampaikan laporan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun. Dalam laporan itu, Harmedin Saragih selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperdag) lebagai terlapor.

“ILAJ melaporkan dugaan korupsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terkait kegiatan belanja peralatan atau perlengkapan pelatihan tahun 2018 dengan total anggaran senilai Rp 354.000.000,” terang Ketua ILAJ, Fawer Full Fander Sihite, Sabtu (18/1/2020).

Menurutnya, dari anggaran itu diduga negara atau daerah dirugikan kurang lebih senilai Rp 99.000.000, dengan cara melakukan mark up harga barang dan pengurangan volume barang (fiktif).

Fawer Full menuturkan, sesuai hasil investigasi lapangan dan wawancara yang dilakukan pihaknya, diduga alat pelatihan yang diserahkan pada masyarakat tidak sesuai dengan berita acara atau manipulasi.

“Terkait dengan hal tersebut ILAJ mengintruksikan kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Simalungun untuk segera memproses laporan kami tertanggal 16 Januari 2020. Dan segera memeriksa Kadisperindag, Harmedin Saragih,” pungkas aktivis muda tersebut.

Pihaknya berharap, laporan itu jangan terkesan didiam-diamkan oleh Kejari Smalungun. Ini agar kepercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum pun semakin meningkat. (Rel)