Didukung Masyarakat Jawa, Ini Program RHS-ZW

Calon Bupati Simalungun, Zonny Waldi saat bersilaturahmi dengan Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ).

Simalungun, Lintangnews.com | Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW) berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Simalungun.

Dalam 10 tahun terakhir, konsep pembangunan yang diterapkan Pemkab Simalungun dinilai belum mampu membuat masyarakatnya sejahtera.

Karena itu, Zonny Waldi memastikan komitmennya bersama RHS untuk membawa perubahan, termasuk membuat masyarakat sejahtera. Menurut Zonny, rencana itu akan menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Simalungun, termasuk masyarakat Jawa di daerah itu.

Komitmenitu disampaikan Zonny saat bersilaturahmi dengan Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) di kediaman Ketua FKWJ, Natidjan Thoha di Nagori Parbalogan, Kecamatan Tanah Jawa.

“Semua masyarakat Simalungun harus sejahtera, termasuk masyarakat Jawa yang tinggal dan menetap di Simalungun,” kata Zonny, Selasa (20/10/2020).

Zonny mengatakan, pencalonannya bersama RHS telah menyiapkan program khusus untuk meningkatkan dan memajukan sektor perekonomian warga. Pasangan nomor urut 1 itu menggagas ide Simalungun Kerja (Si Kerja).

Dalam program dimaksud, ada beberapa sektor yang akan disasar pasangan RSH-ZW, seperti mengurangi angka pengangguran, penciptaan lapangan pekerjaan baru, termasuk menumbuhkan sentra-sentra ekonomi kreatif baru di setiap Kecamatan.

Menurut Zonny, program ini juga akan dirasakan masyarakat Jawa di Simalungun. “Bersama pak Radiapoh, kami berkomitmen untuk memajukan ekonomi warga, dengan beragam skema bantuan melalui program Si Kerja,” jelas mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sumatera Utara.

Selain sektor ekonomi, pasangan RHS-ZW juga berkomitmen untuk melestarikan budaya Simalungun yang belakangan mulai kehilangan tempat. Hal serupa juga akan dilakukan Radiapoh dan Zonny untuk melestarikan budaya Jawa yang ada di Simalungun.

Terkait kebudayaan Jawa di Simalungun, Zonny juga memastikan bersama RHS akan terus memedomani Hasta Marga FKWJ. Menurutnya, keberagam kebudayaan dan tradisi di Simalungun, termasuk budaya Jawa di dalamnya, harus terus dilestarikan.

“Ini adalah salah satu kelebihan Simalungun. Jadi, setiap kelebihan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Simalungun,” kata Zonny.

Dia juga menyampaikan komitmennya bersama RHS untuk mengembalikan pengurusan surat kependudukan ke kecamatan. Ini agar pelayanan administrasi kependudukan semakin mudah dirasakan masyarakat, termasuk di Tanah Jawa. (Rel/Zai)