Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemko Siantar Lakukan Bimtek Arsip Statis

Sekda Budi Utari Siregar bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Neslianita Sinaga, sejumlah pimpinan OPD dan narasumber saat foto bersama.

Siantar, Lintangnews.com | Adanya perubahan dan perkembangan di berbagai sudut kehidupan Indonesia, menuntut penyesuaian dalam penyelenggaraan kearsipan yang lebih baik.

Hal ini disampaikan Wali Kota Hefriansyah melalui Sekda Budi Utari Siregar saat membuka acara kegiatan bimbingan teknis (bimtek) arsip statis di lingkungan Pemko Siantar pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tahun anggaran 2018, Selasa (23/10/2018).

Disampaikan Sekda, kegiatan bimtek arsip yang digelar sudah kedua kali dilaksanakan. “Semoga saja, kegiatan ini menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pengelola arsip,” sebut Budi Utari.

Menurutnya, arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip, karena memiliki nilai guna kesejarahan.

Budi Utari menuturkan, bimtek arsip statis ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai proses pengelolaan arsip statis, meliputi rangkaian kegiatan mulai dari pengumpulan, penyimpanan, perawatan, penyelamatan, penggunaan dan pembinaan atas pelaksanaan serah arsip dalam satu kesatuan sistem kearsipan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Siantar, Neslianita Sinaga menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan teknis kearsipan, penataan dan pengelolaan arsip yang baik di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan dan Kelurahan.

Neslianita menjelaskan, bimtek arsip statis ini dilaksanakan selama 2 hari mulai Selasa (23/10/2018) sampai Rabu (24/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah narasumber menjabarkan sejumlah hal yakni, tentang pengelolaan arsip dan pokok bahasan pengelolaan arsip.

Di hari kedua bimtek, para peserta melakukan praktek tentang kearsipan. Selain itu, Plt Kabid Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara, Herli Selbi Simanjuntak memberikan pengarahan tentang kearsipan.

Seperti diketahui ada 3 narasumber dalam bimtek itu yakni, Herli Selbi Simanjuntak, Majuni Susi dan Sutiasni dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (elisbet)