Dinas Kominfo Humbahas Tak Lagi Operasikan LPSE

Kantor Dinas Kominfo Pemkab Humbahas.

Humbahas, Lintangnews.com | Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) yang sebelumnya sebagai pengoperasi maupun pengelola Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), kini seluruhnya diserahkan ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ).

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Kominfo, Hotman Hutasoit kepada wartawan, Senin (12/4) melalui sambungan telepon seluler.

Dikatakan Hotman, pengelolaan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang sebelumnya pihaknya sebagai pengelola atau mengoperasikannya, maka kini semua menjadi kewenangan UKPBJ.

“Tidak lagi pada Dinas Kominfo setelah terbentuk UKPBJ. LPSE menjadi tanggungjawab UKPBJ. Mulai tahun ini seluruhnya telah penuh dikelola UKPBJ,” sebut Hotman.

Hotman menjelaskan, hal itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 112 tahun 2018 tentang pembentukan UKPBJ di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Salah satunya adalah kewajiban Daerah untuk membentuk UKPBJ yang berfokus mengurusi pengadaan.

Lanjut Hotman, selain penanganan dan pengelolaannya, pihaknya juga tidak lagi menangani masalah angagaran. Apalagi, jaringan transfer data internet atau disebutnya Mbps.

“Semuanya terkait server LPSE itu sudah di UKPBJ. Baik itu anggarannya dan data internet, itu mereka sendiri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) UKPBJ, Rein Marpaung membenarkan kini seluruh pengelolaan LPSE sudah ditangani pihaknya. Lanjut dia, terkait server sudah disampaikan ke Jakarta. “Jadi hanya pengelolaan LPSE nya, untuk server sudah dibawa ke Jakarta,” kata Rein.

Dia juga menyampaikan, pengelolaan LPSE ditangani sejak tahun 2019 terbentuknya UKPBJ . Namun, terkait server dikelola pihak Dinas Kominfo. (DS)