Dinkes Deli Serdang dan Puskesmas Putus Mata Rantai Penyebab Penyakit DBD

15

Deli Serdang, Lintangnews.com | Dinas Kesehatan (Dinkes) Deli Serdang serta Puskesmas rawat inap Araskabu kecamatan Beringin melakukan fogging di desa Pasar V kebun kelapa. Rabu (18/9/2019).

Fogging ini atau pengasapan dilakukan untuk memutus mata rantai menyebarnya wabah penyakit DBD. Sebelumnya ada tiga warga setempat yang terkena wabah DBD dan saat ini telah di rawat di rumah sakit terdekat.

Untuk memutus dan agar tidak merambah ke warga lainnya,Dinkes dan Puskesmas setempat bergerak cepat dengan melakukan fogging(pengasapan) dengan radius 200 meter dari kediaman penderita. Kegiatan Fogging ini juga diikuti kepala desa setempat serta Kadus.

Dinkes melalui Staf Pengendalian Pembasmian Penyakit Menular, Hatorangan Sinaga mengatakan upaya Fogging cepat dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan dari pihak Puskesmas, adanya korban DBD.

“Oleh karena itu kami terus mengajak pihak puskesmas untuk segera melakukan fogging. Hasil pantauan kami masih banyak warga yang kurang mengerti tempat hidup atau berkembang biaknya nyamuk yang menyebabkan DBD, seperti ban-ban bekas, sisa air di Dispenser ini juga menjadi salah satu tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut,” tuturnya.

Sementara Kapus Araskabu,dr Sri mahyuni di sela -sela Fogging mengajak masyarakat menjaga pola hidup sehat, selalu melakukan gotong royong dengan membersihkan lingkungan dengan melakukan pembasmian sarang nyamuk.

“Jaga lah keluarga kita agar terhindar dari penyakit DBD ini,” ujarnya. (Idris)