Dinkes Taput Lakukan Swab Test Massal di 3 Kecamatan

Kegiatan swab test massal yang berĺangsung di Puskesmas Siborongborong.

Taput, Lintangnews.com | Sebagai upaya  menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan kegiatan swab test massal di aula kantor UPT Puskesmas Siborongborong, Kamis (24/9/2020).

“Sebanyak 50 orang warga yang hadir untuk mendapatkan pemeriksaan melalui swab test, awalnya merasa takut dan enggan. Namun setelah diberi penjelasan secara detail oleh panitia pelaksana dari Dinkes Taput, akhirnya warga tidak khawatir lagi,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Aleksander Gultom.

Usai dilakukan pemeriksaan, nantinya Dinkes akan memberitahukan hasilnya kepada warga yang mengikuti swab test melalui kantor UPT Puskesmas masing-masing.

Aleksander menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Indonesia, secara khusus di Taput.

“Pelaksanaan swab test massal kita pusatkan untuk 3 Kecamatan, dengan melibatkan dan mengundang warga di 6 kantor UPT Puskesmas masing-masing. Secara berkelanjutan kita akan melaksanakan lagi di beberapa tempat di setiap Kecamatan,” paparnya.

Warga antri mengikuti kegiatan swab test massal.

Kepala UPT Puskesmas Siborongborong, Yuslina Siahaan menuturkan, terlaksananya kegiatan ini digabungkan bersama UPT Puskesmas dari Kecamatan Pagaran dan Muara.

Ini mengingat kemungkinan adanya 3 unit Puskesmas di Kecamatan Siborongborong ditambah 2 unit Puskesmas di Pagaran dan 1 unit Puskesmas di Muara.

Sementara itu, Ketua Tim, Andi Sitompul menghimbau masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih, mensuplai asupan makanan sehat dan bergizi, selalu rajin cuci tangan, serta hindari diri dari keramaian.

Salah seorang warga yang mengikuti swab test, N Nababan mengaku, awalnya risih bercampur takut dan enggan, karena bagian hidung dimasukin cotton bud oleh petugas medis.

“Dengan di swab test, maka saya dan keluarga nantinya bisa tau apakah terindikasi gejala penyebaran Covid-19 atau tidak,” paparnya. (Pembela)