Dinyatakan Bersalah, Ini Pernyataan Mengejutkan dari Eliakim Simanjuntak

Eliakim Simanjuntak saat diwawancarai.

Siantar, Lintangnews.com | Eliakim Simanjuntak selaku Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Siantar dari Partai Demokrat disebut melanggar metode penyebaran bahan kampanye.

Ini karena menyebarkan bahan kampanye, dengan menggunakan fasilitas negara lainnya (pada saat kegiatan reses anggota DPRD Siantar.

Hal ini disampaikan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Siantar saat menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Pemilu 2019 , Senin (11/3/2019), dengan terlapor Eliakim Simanjuntak.

Terpisah, Eliakim Simanjuntak saat dikonfirmasi lewat telepon menyampaikan, apapun keputusan Bawaslu Siantar, hal itu merupakan yang terbaik.

“Nggak seriusnya aku main, biarlah disitu apa keputusan Bawaslu Siantar,” ujarnya dari seberang telepon.

Hanya saja saat dikonfirmasi lebih lanjut, mantan Ketua DPRD Siantar menjelaskan, putusan Bawaslu Siantar diberikan pada partai politik (parpol) dalam hal ini Partai Demokrat Siantar. Dan partai memberikan kepada dirinya selaku terlapor.

“Sepanjang belum saya lihat putusannya, belum bisa kasih komentar. Saya juga heran, ada yang bilang di media saya tak pernah datang disidang Bawaslu Siantar. Padahal saya tak pernah diundang, baik itu melalui partai atau Bawaslu sendiri,” ungkapnya, Selasa (12/3/2019).

Seperti diketahui, sidang beragendakan pembacaan putusan Majelis Pemeriksa terhadap dugaan pelanggaran administrasi Pemilu 2019.

Dalam putusannya, Majelis Pemeriksa menyatakan Eliakim Simanjuntak terbukti bersalah.

Dalam hal ini, Majelis Pemeriksa yang terdiri dari Komisioner Bawaslu Siantar, Sepriandison Saragih, Junita Lila Sinaga dan Muhammad Safii Siregar menyatakan Eliakim Simanjuntak melakukan pelanggaran administrasi Pemilu. (elisbet)