Distan Deli Serdang Lakukan Ubinan Padi Bersama

Kegiatan ubinan padi bersama di Dusun Bagasan, Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pertanian Pemkab Deli Serdang serta UPT Pertanian Kecamatan Pantai Labu, Senin (10/2/2020) melakukan ubinan (metode mengetahui perkiraan panen) padi bersama di Dusun Bagasan, Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu.

Tampak ikut pada proses pengubinan itu, Dinas TPH Sumut melalui Supriadi, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Distan Deli Serdang, Abdul Latif, UPT Pertanian Pantai Labu, Ramadhan, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan pemilik sawah, Hulman Manurung.

Pada pengubinan itu, didapatkan hasil 5,820 kg, jumlah rumpun 95 dan anakan 18+25+29 batang dari luas lahan 2,5 x 2,5 meter yang di ambil sebagai sampel.

Abdul Latif mengatakan, hasilnya sudah cukup baik karena tanaman ini namanya Balek Damen, apalagi persawahannya merupakan sawah tadah hujan.

“Dilakukan pengubinan ini untuk mengetahui hasil panen para petani di Pantai Labu, apakah sudah memuaskan atau perlu perawatan lagi. Secara keseluruhan hasil panen ini sudah baik,” paparnya.

Sementara secara global didapatkan hasil panen padi di lokasi itu rata-rata 5,820 x 1600 = 9,312 ton per hektar. (Idris)