Petani Desa Sidourip dan Durian Ikuti Penyuluhan dari Syngenta

Kegiatan penyuluhan pertanian dari Syngenta.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Puluhan petani dari Desa Sidourip, Kecamatan Beringin dan Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Senin (10/2/2020) mengikuti penyuluhan pupuk tanaman padi yang diadakan Syngenta.

Kegiatan bertempat di lahan persawahan Dusun II B Desa Sidourip itu dihadiri Agronomis, Maranata Pardosi, Lead Campaign, Ali Assad dan Mahran Harahap.

Penyuluh Syngenta, Nila Ramadhani memaparkan salah satu produk dari Syngenta yakni Amistar Top. Ini merupakan jenis pupuk cair yang digunakan dengan cara menyemprot dilakukan 2 kali pada sekali musim tanam yakni pada saat umur padi 60 hari dan 70 hari.

“Menggunakan Amistar Top dapat meningkatkan bobot gabah, sehingga meningkatkan hasil para petani,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nila Ramadhani mengadakan perbandingan mengambil malai padi yang menggunakan produk Amistar Top dan yang tidak dari 2 lahan persawahan di sekitar lpkask kegiatan.

Sebanyak 10 orang petani ikut mengambil sampel dengan memakai kantongan plastik. Didapatkan hasil yang memakai Amistar Top lebih menguntungkan.

Salah seorang petani Desa Durian, Golden Sitorus mengajak para petani lainnya untuk mengunakan pupuk cair Amistar Top, karena sudah terbukti lebih menguntungkan dan dapat meningkatkan bobot gabah.

Golden mengaku, sebelum memakai Amistar Top, panen padinya hanya 200 kg per rante. Tetapi sejak memakai Amistar Top, hasilnya 300 kg per rante. “Mari kita gunakan Amistar Top agar hasilnya bisa berlimpah,” tutupnya. (Idris)