Radiapo Hasiholan Sinaga Layak Berpasangan dengan Elkananda Shah di Pilkada Simalungun

Radiapo Hasiholan Sinaga dan Elkananda Shah.

Simalungun, Lintangnews.com | Nama Radiapo Hasiholan Sinaga (RHS) akhir-akhir ini menjadi bahan pembahasan masyarakat Kabupaten Simalungun menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini mencanangkan akan maju sebagai Calon Bupati Simalungun periode 2020-2025. Keseriusan ditunjukkan RHS dengan mendaftar ke sejumlah partai politik (parpol).

Dengan motto ‘Rakyat Harus Sejahtera’, pria kelahiran Kabupaten Simalungun ini juga telah melakukan sosialisasi dan terjun langsung menemui masyarakat Simalungun.

Namun hingga saat ini belum diketahui pasti siapa pendamping RHS nantinya untuk ‘bertarung’ di Pilkada Simalungun. Ada sejumlah nama digadang-gadang mendampingi RHS, dari mulai Anggota DPRD Simalungun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan kalangan birokrasi.

Dari sejumlah nama-nama itu, ada salah satunya yang dinilai layak berpasangan dengan RHS yakni, Elkananda Shah. Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Simalungun itu dinilai sarat dengan sejumlah pengalaman dalam organisasi dan bidang pertanian.

Pendapat ini dilontarkan salah seorang Tokoh Pemuda Kabupaten Simalungun, Erwinsyah Saragih, Senin (10/2/2020). Menurutnya, kemajuan sektor pertanian, peternakan dan pariwisata bisa ditangani Elkananda apabila berpasangan dengan RHS.

“Karena kita ketahui selama ini masyarakat Simalungun mengandalkan sektor pertanian, peternakan dan pariwisata dalam menopang perekonomian sehari-hari. Elkananda sebagai sosok pemuda yang visioner, serius dan perduli, dianggap mampu untuk meningkatkan masa depan ketiga sektor itu jika mendampingi RHS,” tukasnya.

Warga Kecamatan Gunung Maligas ini menilai, masyarakat Simalungun sering kali kesulitan mendapatkan jatah pupuk bersubsidi, begitu juga benih tanaman dan bibit ternak yang seharusnya menjadi hak petani dan peternak.

Erwinsyah juga menilai, lokasi pariwisata di Simalungun membutuhkan akses saran dan prasarana yang lebih baik lagi juga sering diabaikan. Ini berdampak mengurangi kunjungan wisatawan berkunjung, sehingga imbasnya masyarakat kehilangan pendapatan dari sektor pariwisata.

“Minimnya kepedulian Pemkab Simalungun membuat masyarakat Simalungun yang mayoritas menggantungkan hidup di ketiga sektor itu menjadi terseok-seok kehidupan dan ekonominya,” sebut Erwinsyah.

Dia menuturkan, harapan masyarakat Simalungun khusus petani, peternak dan kelompok-kelompok pariwisata, RHS bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi kendala itu apabila nantinya berpasangan dengan Elkananda.

Lanjutnya, Elkananda bisa menjaga stabilitas peningkatan produksi bagi petani dan peternak, termasuk inovasi meningkatkan daya tarik pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Simalungun.

“Sebagai generasi Millennial, Elkananda mampu menggenjot ketiga sektor itu lebih baik dan maju lagi. Banyak pihak memprediksi, RHS dan Elkananda jika menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, akan menjawab keluhan ketiga sektor andalan masyarakat itu nantinya,” sebut Erwinsyah.

Dia menuturkan, ada kemungkinkah keduanya ‘dijodohkan’ di Pilkada Simalungun 2020 dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan terjawab.

Dari sejumlah nama yang meramaikan Pilkada Simalungun, RHS cukup diperhitungkan dan serius maju menjadi Calon Bupati Simalungun. (Red)