Ditegur Gubsu, Akhirnya 25 Orang Anggota DPRD Humbahas Setujui Perda RPJMD

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor bersama Ketua DPRD, Ramses Lumbangaol menandatangani kesepakatan bersama persetujuan Ranperda tentang RPJMD tahun 2021-2026 menjadi Perda.

Humbahas, Lintangnews.com | DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terdiri dari PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Perindo, PSI dan Partai Demokrat, akhirnya menyetujui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ini pasca ditegur Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi didampingi Kapolda, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB diwakili Kasdam Brigjen Didied Pramuditio, pada Rabu (1/9/2021) lalu di Esther Hotel Jalan Siborongborong-Parapat menindaklanjuti surat Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor : 005/1603/IJ tanggal 3 Agustus 2021.

Persetujuan itu pun ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Bupati Dosmar Banjarnahor dengan Ketua DPRD, Ramses Lumbangaol, Rabu (8/9/2021).

Dosmar menyampaikan, apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten dapat menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang RPJMD tahun 2021-2026 menjadi Perda.

“Kami sungguh menghargai dan menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya atas keseriusan, ketekunan dan kesungguhan segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, tidak mengenal lelah dan memberikan tenaga serta perhatian untuk menganalisa serta membahas Ranperda tentang RPJMD Tahun 2021-2026,” kata Dosmar.

Sebelum rapat ditutup, Wakil Ketua I DPRD, Marolop Manik sebagai pimpinan rapat menyampaikan, terima kasih karena selama berlangsung proses pembahan telah mencurahkan kemampuan dan perhatiannya, sehingga hari ini boleh membuat keputusan.

“Kami mengharapkan apa yang telah diputuskan bersama mendapat respon positif dari saudara Bupati/ Wakil Bupati karena beberapa koreksi, saran dan usul serta evaluasi yang disampaikan secara objektif baik melalui pemandangan umum, rapat gabungan komisi maupun pendapat akhir faksi-fraksi merupakan sebuah pesan kepada Pemkab Humbahas untuk dapat ditindaklanjuti,” harapnya.

Sebelumnya, sebanyak 4 Fraksi, ditambah 2 Fraksi Gabungan yakni, PDI-Perjuangan, Golkar, Hanura, Nasdem, Gerindra-Demokrat, dan Persatuan Solidaritas menyampaikan pendapat akhir fraksinya terhadap Ranperda RPJMD tahun 2021-2026.

Dalam pendapat akhir masing-masing fraksi itu, menyetujui Ranperda tentang RPJMD tahun 2021-2026 menjadi Perda. Begitu juga dengan rapat gabungan komisi berkesimpulan ‘memahami dan memaklumi’ Ranperda RPJMD tahun 2021-2026. (DS)