Diterpa Hujan Deras, Ratusan Rumah di Siantar Terendam

Puluhan rumah yang tergenang banjir di Jalan Maluku.

Siantar, Lintangnews.com | Ratusan rumah diperkirakan terendam air di 12 Kelurahan di Kota Siantar. Hal ini diakibatkan hujan deras selama berjam-jam.

Seperti disampaikan Dewi, salah satu warga Jalan Maluku, Kecamatan Siantar Barat yang rumahnya ikut terendam banjir.

“Tadi malam hujannya mulai sekitar setengah sepuluh (21.30 WIB), Selasa (9/10/2018). Menjelang pagi hari baru hujannya reda,” sebut ibu 2 anak ini, Rabu (10/10/2018)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Siantar, Daniel Siregar yang ditemui saat meninjau lokasi, menyampaikan dari 12 Kelurahan itu, 4 di antaranya terdapat di Kecamatan Siantar Barat yakni, Kelurahan Sipinggol-pinggol, Simarito, Teladan, dan Kelurahan Bantan.

Kemudian 2 Kelurahan di Kecamatan Siantar Martoba yakni, Kelurahan Tanjung Tongah dan Kelurahan Sumber Jaya. Sementara di Kecamatan Simarimbun adalah Kelurahan Naga Huta Timur dan Kelurahan Tong Marimbun.

Selanjutnya 2 Kelurahan di Kecamatan Siantar Timur yakni, Kelurahan Asuhan dan Kelurahan Tomuan. Lalu 1 di Kecamatan Siantar Marihat yakni Kelurahan BP Nauli. Dan 1 lagi di Kecamatan Siantar Selatan yakni Kelurahan Simalungun.

Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat memberikan bantuan pada warga korban banjir.

Ditanya mengenai total jumlah rumah warga yang terendam air di Siantar, Daniel mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pendataan.

Daniel yang saat itu didampingi  Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), Reinward Simanjuntak menyebutkan, penyebab terendamnya rumah warga yang tinggal di pinggiran sungai karena buruknya drainase dan penyempitan Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Faktor penyebabnya adalah akibat terjadinya penyempitan saluran air, seperti warga yang mendirikan bangunan di DAS. Dan warga yang membuang sampah sembarangan ke daerah aliran sungai,” ujar Reinward.

Sementara itu, Wali Kota, Hefriansyah yang turut mendatangi korban didampingi Sekda, Budi Utari Siregar terlihat memberikan bantuan kepada sejumlah warga.

Dalam hal ini, Wali Kota menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Tolonglah jangan buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai,” tuturnya kepada warga Kelurahan Simalungun saat meninjau rumah-rumah penduduk. (elisbet)