DPRD Samosir Gelar Reses Pertama di 4 Kecamatan

Reses anggota DPRD Samosir bersama masyarakat Kecamatan Pangururan.

Samosir, Lintangnews.com | DPRD Kabupaten Samosir melaksanakan reses pertama pada masa sidang pertama di 4 Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Kecamatan Pangururan, Kecamatan Onanrunggu, Kecamatan Palipi dan Kecamatan Sitio-tio, Senin (15/2/2021).

Kegiatan reses yang dihadiri Anggota DPRD Samosir, Camat, Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat dan konstituen itu bertempat di Aula kantor Kecamatan masing-masing.

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba menuturkan, pelaksanaan reses ini bertujuan menampung aspirasi masyarakat untuk nantinya dapat diteruskan atau diusulkan ke pemerintah daerah sebagai program dan kegiatan prioritas di tahun 2022.

“Pada reses I ini kita juga akan menyampaikan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Ini bentuk pertanggungjawaban kita yang telah menampung aspirasi masyarakat di masa reses tahun 2020 lalu,” paparnya.

Namun Saut Martua mengatakan, semua usulan yang disampaikan belum dapat mereka wujudkan akibat keterbatasan anggaran. “Harapannya masyarakat tidak pernah bosan menyampaikan usulan aspirasi pada kita. Percaya lah, sekuat tenaga dan pikiran akan tetap kami perjuangkan,” tegasnya.

Sementara itu reses di Dapil III Kecamatan Palipi, masyarakat mengusulkan d iantaranya pembangunan jalan dan penerangan jalan umum, penyediaan sarana air minum, normalisasi sungai, pemberian bantuan permodalan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta penataan situs-situs budaya.

“Kami berharap, usulan-usualn yang disampaikan masyarakat dapat diperhatikan dan direalisasikan di tahun 2022 mendatang,” kata Camat Palipi, Darwin Parhusip.

Anggota DPRD Samosir, Parluhutan Sinaga menyampaikan, semua usulan sudah dicatat dan diteruskan ke Pemkab Samosir, sehingga nantinya akan disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

“Kalaupun nantinya di tahun 2022 tidak semua bisa terwujud, kami harap masyarakat dapat memakluminya, karena Samosir masih keterbatasan anggaran. Harapan kami dapat bersinergi dan tentunya dapat merawat, serta menjaga sarana dan prasarana di Desa masing-masing, agar dapat dipergunakan dalam waktu yang lama. Mari kita mendukung dan membuka diri untuk kemajuan dan pembangunan,” ujar anggota dewan dari Partai Golkar itu. (Tua)