Dua Petugas Medis Puskesmas Situmeang Habinsaran Dinyatakan Positif Covid-19  

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput, Indra Simare-mare.

Taput, Lintangnews.com | Dua orang petugas Puskesmas Situmeang Habinsaran, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) inisial EL dan JS dinyatakan positif Covid-19 atau Virus Corona.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput, Indra Simare-mare. “Selasa (19/5/2020), kami menerima hasil uji laboratorium untuk 2 orang petugas Puskesmas Situmeang Habinsaran dan dinyatakan positif Covid-19,” sebutnya.

Menurut Indra, sample dikirim ke Provinsi pada tanggal 9 Mei 2020 lalu. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Taput ini menuturkan, keduanya saat ini sudah dirawat di RSUD Tarutung secara intensif.

Sebelumnya melalui hasil tracing beberapa waktu lalu, tenaga medis yang positif rapid test dilanjutkan dengan swab test. Hasil test ke 59 sample itu dinyatakan negatif oleh Laboratorium RSU Universitas Sumatera Utara (USU).

Indra menuturkan, hingga saat ini, telah terkonfirmasi sebanyak 3 orang positif Covid-19 dari Taput yakni, TS, EL dan JS. Untuk pasien TS telah dinyatakan sembuh dan kembali ke rumahnya.

Selanjutnya akan dilakukan tracing untuk menggali riwayat kontak atau interaksi dengan kedua petugas medis itu.

“Kami Tim Gugus Tugas tetap menegaskan tidak ada pelonggaran dalam pengawasan orang masuk dan keluar serta melakukan pengawasan terhadap kerumunan,” tukasnya.

Pihaknya juga meminta agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Taput. Seperti tetap menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga jarak, jangan berkerumun, selalu menggunakan masker, tetap tinggal di rumah dan jangan mudik atau pulang kampung.

“Bagi mereka yang berasal dari lokasi zona merah, kami himbau untuk tidak keluar masuk Taput, mohon kesadarannya demi keselamatan kita bersama,” terang Indra mengakhiri. (Pembela)