Dukung Pembangunan Rumah Ibadah, PT TPL Bantu Ratusan Kotak Keramik dan Semen

Bantuan keramik dan semen yang diserahkan pihak PT TPL.

Humbahas, Lintangnews.com | Perayaan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) kembali mendukung sarana pembangunan rumah ibadah.

Dukungan perusahaan bubur kertas di Tapanuli ini dengan memberikan ratusan kotak keramik dan semen, untuk pembangunan gereja di 2 Desa di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Hal ini disampaikan Asisten Manager TPL, Agusta Sirait, Jumat (28/12/2018) di Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Menurutnya, bantuan diberikan pada Gereja Pentakosta di Indonesia (GPDI) El Shaddai Lumban Nauli, Desa Lumban Purba, Kecamatan Dolok Sanggul. Dengan luas lebih kurang 48 meter persegi, gereja itu mampu menampung 80 orang jemaat, atau lebih kurang sebanyak 15 kepala keluarga (KK) yang selama ini melakukan rutinitas melaksanakan ibadah.

Pimpinan jemaat GPDI El Shaddai, Kaspar Purba merasa bangga dan turut senang, karena TPL juga fokus dalam mendukung sarana rumah ibadah. Dirinya berharap dukungan terus dilakukan, untuk menjalin komunikasi dengan jemaat dan masyarakat desa.

Kepala Desa (Kades) Lumban Purba, Togi Master Purba juga menyampaikan hal yang sama dan rasa syukur masih ada perusahaan yang peduli dengan keberadaan serta dukungan pembangunan rumah ibadah.

“Partisipasi dan dukungan perusahaan terhadap gereja sangat berharga bagi masyarakat dan terima kasih PT TPL yang telah memberi dukungan. Apalagi saat ini sudah ada 2 gereja yang dibantu dalam dukungan pembangunan serta renovasi,” ungkap Togi.

Kondisi rumah ibadah seperti gereja di kawasan pedesaan memang perlu dukungan dan partisipasi.

Ini juga terlihat dari kondisi GPDI Maranatha Desa Sosor Tolong Sihite 3, Kecamatan Dolok Sanggul. Gereja yang memiliki luas bangunan lebih kurang 60 meter persegi itu didukung TPL dalam pembenahan lantai semen menjadi keramik.

Menurut pimpinan jemaat GPDI Maranatha, Urupan Sihite, bantuan pihak TPL menambah semangat bagi para jemaat dalam melaksanakan ibadah.

Urupan menuturkan, saat ini sekitar 90 orang yang melaksanakan ibadah, atau sekitar 17 KK bersyukur kepada Tuhan, karena menggerakkan hati perusahaan membantu renovasi gereja.

“Jadi sudah mulai terlihat bantuan yang diberikan di desa kami ini khususnya bantuan gereja. Kami berharap bantuan seperti ini menjadi program perusahaan dalam membantu masyarakat beribadah,” sebut Urupan disaksikan Perangkat Desa Gumotan Sihite.

Bantuan material renovasi gereja di kedua desa itu menjadi perhatian bagi manajemen perusahaan.

Manager Estate TPL Sektor HTI Aek Raja, Monang Simatupang mengatakan, bantuan dari dana Community Development (CD) perusahaan diharapkan dapat memberikan kenyamanan masyarakat dalam beribadah. Bantuan juga sebagai bentuk komunikasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat.

“Untuk kedua gereja kami berikan masing-masing 50 sak semen dan 150 kotak keramik lantai. Harapan perusahaan kiranya terjalin hubungan dan silahturahmi yang baik. Karena perusahaan ingin hidup dan berkembang bersama masyarakat,” ungkap Monang didampingi Humas TPL Sektor Aek Raja, Ramson Simamora, Hendra Napitupulu, serta staf CD Jhony Sitohang. (asri)