e-KTP Tak Selesai, Warga dan Kepala Disdukcapil Humbahas ‘Adu Mulut’

Opung Andre saat mempertanyakan pengurusan e-TKP anaknya pada Kepala Disdukcapil, Augus Panuturi Marbun.

Humbahas, Lintangnews.com | Mengetahui anaknya ditolak kerja akibat Kartu Tanda Penduduk  Elektroik (e-KTP) tidak ada, sementara sudah melakukan perekaman tahun lalu, membuat orang tua Junter Simamora yakni Opung Andre (65) mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (21/1/2019).

Kekesalan dilontarkan Opung Andre kepada Kepala Disdukcapil, Augus Panuturi Marbun dan stafnya, karena hingga sampai saat ini e-KTP anaknya belum selesai. Sementara berkas pengurusannya sudah lengkap dan perekaman dilakukan bulan Maret 2018 lalu di sekolahnya SMK Nusantara Doloksanggul.

Sesuai pantauan awak media, Opung Andre terlibat ‘adu mulut’ dengan orang nomor 1 di Disdukcapil Humbahas itu.

“Coba bapak bayangkan anak saya tidak bisa kerja akibat tidak ada e-KTP. Sementara resi atau surat pengganti KTP tidak diterima karena itu salah satu syaratnya e-KTP. Bagaimana perasaan bapak, masa sampai setahun blangko e-KTP tidak keluar-keluar, itu gak logika,” tandas Opung Andre.

Namun Augus Panuturi sepertinya tidak mau tau atas pernyataan Opung Andre itu. “Saya gak mau tau itu,yang penting intinya blangko e-KTP sudah kosong, bagaimana mau kita buat. Mau kuat-kuat pun suara bapak di sini (kantor) gak ada artinya, karena blangko lagi kosong. Bukan hanya di sini saja yang kosong, semuanya kosong, baik itu di Tapanuli Utara (Taput) atau daerah lain,” tukas Augus Panuturi.

Opung Andre pun melontarkan kekesalannya terhadap kelambanan kantor Disdukcapil setempat dalam melayani masyarakat Humbahas, khususnya pengurusan kependudukan.

“Siapa tidak kesal, anak saya melamar kerja ke salah satu perusahaan di Medan. Dari kesehatannya sudah diterima kerja, namun ketika di berkas e-KTP nya tidak ada. Smentara resi atau pengganti KTP yang diberikan kantor Disdukcapil di olak dan harus KTP asli,” kata Opung Andre. (akim)