Empat Kader Karang Taruna Simalungun Ikuti Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Sumut

Maya Siti Sakdiah, Ahmad Fauzi, Agunarta S Manik, dan Rizky M Damanik yang mengikuti seleksi Pelopor Pemuda tingkat Sumut tahun 2021.

Simalungun, Lintangnews.com | Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Simalungun berkerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Simalungun akan mengirim 4 orang kaderbuntuk mengikuti seleksi pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora, Ramadhan Damanik kepada awak media ini di ruang kerjanya, Jumat (23/7/2021).

“Keempatnya akan mengikuti seleksi di 4 bidang yang diperlombakan yakni, Pendidikan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata dan Pangan. Keempatnya dari Unit Teknis Karang Taruna Simalungun, pengurus Karang Taruna Kecamatan dan Nagori atau Kelurahan,” kata Ramadhan.

Dijelaskannya, keempatnya yang akan mengikuti seleksi adalah Maya Siti Sakdiah (Bidang Pendidikan, Ahmad Fauzi (Bidang Agama, Sosial dan Budaya), Agunarta Syarifuddin Manik (Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata), serta Rizky Maulana Damanik (Bidang Pangan).

Pengiriman peserta itu berdasarkan atas surat dari Dispora Sumut. Sementara Dispora Simalungun sudah melaksanakan rangkaian pemantauan dan penilaian terhadap keempatnya.

“Diharapkan keempatnya akan mampu memberikan kemampuan terbaik nantinya saat dihadapan tim penilai dari Sumut,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Maya Siti Sakdiah merupakan salah seorang tenaga pendidik kegiatan non formal di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Kreasi Mandiri yang sudah mengantongi Strata Satu (S1) di bidang pendidikan. Nantinya Maya akan mengajukan karya dan inovasi bagaimana cara meningkatkan kualitas murid sekolah SD dan SMP di luar sekolah.

Sementara Ahmad Fauzi merupakan kader Karang Taruna Kelurahan Sinaksak yang aktif dalam membangun kegiatan-kegiatan membantu masyarakat miskin di daerahnya.

Sedangkan Agunarta Syarifuddin Manik adalah sosok entrepreneur muda di bidang hasil-hasil pertanian, khususnya Kopi Simalungun.

Dia mengembangkan bakatnya bersama orang tuanya dan memiliki cita-cita Kopi Simalungun menjadi Kopi yang terkenal dan menjadi produk unggulam daerah.

Selanjutnya Rizky Maulana Damanik merupakan sosok pemuda yang memiliki segudang pengalaman dalam tanaman hidroponik. Tak tanggung-tanggung, pengalaman tanaman hydroponik sudah membawanya hingga keluar Sumut, bahkan sampai keluar negeri.

Ketua Karang Taruna Simalungun, Bonauli Rajagukguk memberikan apresiasi terhadap Pemkab Simalungun, khususnya Dispora telah memberikan peluang dan kesempatan bagi para pemuda yang memiliki inovasi dan kreatifitas untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat Sumut.

“Kita berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan, sehingga menjadi pemicu semangat bagi pemuda di Simalungun dalam menggali potensi-potensi dirinya sendiri, termasuk kekayaan sumber daya alam. Mari sama-sama kita mendoakan agar putra-putri Simalungun yang mengikuti seleksi berhasil menjadi juaranya, hingga nantinya bisa sampai ke tingkat nasional,” sebut Anggota DPRD Simalungun ini. (Rel/Zai)