Fasilitas Umum Lapangan Pacuan Kuda Siborong-borong Rusak Akibat Puting Beliung

Kerusakan fasilitas umum di Lapangan Pacuan Kuda Siborong-borong akibat angin puting beliung.

Taput, Lintangnews.com | Angin kencang dibarengi guyuran hujan mengakibatkan terjadinya puting beliung di Desa Silaitlait, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Akibatnya ini merusak sejumlah fasilitas umum di Lapangan Pacuan Kuda Siborong-borong, 1 unit rumah warga, perbengkelan dan kandang kuda.

“Angin puting beliung yang melanda wilayah Kecamatan Siborong-borong telah merusak rumah warga, perbengkelan, kandang kuda, hingga tribun pacuan kuda,” terang Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing, Senin (27/1/2020).

Sementara itu salah seorang warga di lokasi kejadian, M Hutasoit mengungkapkan, kanopi di podium Lapangan Pacuan Kuda rubuh akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

Bagian kanopi Lapangan Pacuan Kuda yang mengalami kerusakan.

“Saat puting beliung menerjang, hujan deras yang mengguyur wilayah Siborong-borong disertai tiupan angin kencang,” sebutnya.

Menurutnya, terjangan angin kencang tidak hanya merobohkan kanopi podium. Namun juga dinding podium dan sejumlah perangkat kanopi. Akibatnya sejumlah tiang penyangga yang ambruk. Walaupun begitu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Hingga saat ini belum diketahui total kerugian akibat peristiwa puting beliung yang mengakibatkan kerusakan berbagai fasilitas umum itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Taput, Bonggas Pasaribu mengaku, belum bisa memberikan keterangan, karena tim masih melakukan pendataan di sekitar lokasi kejadian. (Pembela)