Fasilitasi Kamar Napi Alpin Lehu, KPLP Lapas Narkotika Raya Disinyalir Raup Ratusan Juta

280
Napi narkotika, Alpin Lehu dan Kalapas Narkotika Raya, EP Manik.

Simalungun, Lintangnews.com | Kepala Satuan Pengamanan Lapas (KPLP) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sinarta Tarigan disinyalir raup ratusan juta.

Uang sebesar itu ia raup dari salah seorang napi narkotika bernama Arifin alias Alpin Lehu (45). Ini setelah memfasilitasi kamar untuk napi tersebut.

“Bulan Agustus lalu Alpin Lehu dimutasi ke Lapas Narkotika Raya dari Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan. KPLP raup ratusan juta,” beber sumber, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, karena dikhawatirkan diketahui wartawan, Alpin Lehu kemudian dipindahkan ke Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.

“Konfirmasilah yang bersangkutan, pasti disangkalnya dengan mengatakan tidak benar. Perpindahan napi itu sudah semacam ‘proyek’di Lapas,” tukasnya.

Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Raya, EP Manik tidak membantah jika Alpin Lehu dimutasi ke Lapas Narkotika Raya.

“Tanggal 30/08/2019 mutasi ke lapas Narkotika Raya dari Rutan Kls I Tanjung Gusta Medan,” tulis WhatsApp (WA) EP Manik sekira pukul 09.10 WIB.

“Kemudian 10/09/2019 kami pindahkan ke Lapas Kls IIB Lubuk Pakam. Untuk pemindahan kami selalu gunakan anggaran kantor,” tukasnya kembali via WA.

Sementara Sinarta Tarigan membantah adanya tudingan itu.

“Wah mana ada itu, kamar hunian Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Raya bentuk dan ukurannya sama semuanya. Kamarnya besar semua. Tidak ada kamar yang ukurannya kecil,” elaknya. (Zai)