Forkopimcam Muara Lakukan Pembenahan dan Penertiban KJA

Penertiban KJA di Perairan Danau Toba, tepatnya di Kecamatan Muara.

Taput, Lintangnews.com | Untuk menjaga kebersihan dan keindahan air Danau Toba di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkpimcam) melakukan penataan untuk membenahi tata letak Keramba Jaring Apung (KJA).

Hal itu seperti terlihat di sekitaran Danau Toba, tepatnya di Desa Huta Lontung, Kecamatan Muara, Selasa (7/6/2021).

Camat Muara, Mitsui Gultom didampingi Kapolsek, Iptu Raymond B Hall, Danramil, Pelda M Sirait dan Kepala Puskesmas (Kapus), Edwart Sihombing menuturkan, upaya yang mereka lakukan ini bukan untuk melarang para pengusaha agar tidak bisa melakukan bisnisnya di sekitaran Danau Toba.

“Namun alangkah baiknya, jika keramba di sekitaran Kecamatan Muara ini ditata letaknya dengan baik dan benar,” ucapnya.

Dirinya juga menyarankan, agar para pengusaha KJA tak membuatnya sampai ke tengah Danau Toba. Ini agar ekosistem air yang ada di Danau Toba, tepatnya di Muara bisa terpelihara dan tidak mengalami pencemaran air dan ekosistem lainnya.

Sementara itu, keterangan dari Pengelola kelompok Nelayan Huta Lontung Maju, Iskiara Rajagukguk menuturkan, tidak keberatan dengan penataan yang dilakukan Forkopimcam Muara.

“Justru kita harus taat dengan aturan yang diberlakukan dan dikeluarkan oleh negara,” tegasnya.

Dirinya berharap, usaha ini kedepannya bisa lebih maju dan berkembang dengan bantuan dan dukungan dari elemen masyarakat di Muara. Pihaknya juga mau dan tunduk pada aturan yang dikeluarkan Pemkab Taput dan negara terkait bagaimana membuat yang terbaik dan tidak melanggar dan merusak ekosistem di Danau Toba.

Sementara Kepala Desa (Kades) Huta Lontung, Rommel Rajagukguk berterima kasih atas himbauan berupa kinerja Forkopimcam Muara untuk datang melakukan penataan KJA di Danau Toba. (Pembela)